Analisis Penerapan Manajemen Bahaya Hewan Liar Dalam Menunjang Keselamatan Penerbangan Dengan Metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) Di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam

Authors

  • Lusi Amelia Simanjuntak Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Sri Sutarwati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1625

Keywords:

Penerapan, Hewan Liar, Keselamatan Penerbangan, Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA)

Abstract

 

Abastrak, Salah satu permasalahan klasik di bandar udara yang dapat mengancam keselamatan penerbangan di wilayah bandar udara adalah gangguan dari hewan liar dan burung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan manajemen bahaya hewan liar dan burung dalam menunjang keselamatan penerbangan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam dan  mengidentifikasi bahaya dan hasil penilaian risiko yang ditimbulkan oleh adanya hewan liar dan burung dalam menunjang keselamatan penerbangan dengan metode HIRA di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix methods) dengan teknik deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menjawab rumusan pertanyaan penelitian. Peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen bahaya hewan liar di Bandar Udara Internasional Hang Nadim sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yaitu dengan melakukan inspeksi rutin pada pagi hari dan siang hari di area sisi udara. Jika terdapat sekumpulan burung dan hewan liar maka petugas apron movement control, safety dan PKP-PK segera melakukan pengusiran burung menggunakan unit kendaraan mobil masing-masing kemudian membunyikan sirine dan klakson mobil agar burung dan hewan liar pergi menjauh dari area sisi udara. Berdasarkan identifikasi tingkat risiko, dapat diketahui tingkat risiko risiko hewan liar monyet dikategori risiko sedang dan burung di kategori risiko ekstrem (sangat berbahaya), dengan menggunakan metode HIRA indeks risiko burung bangau memiliki tingkat risiko sedang (kuning) artinya  pengendalian risiko dan penerapan dilakukan manajemen bahaya hewan liar bertujuan untuk mengurangi bahaya hewan liar yang mengganggu pengoperasian penerbangan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

References

AS/NZS. (2004). Kualitatif Standard Risk Management, Australian/New Zealand.

International Civil Aviation Organization. Airport Service Manual. Document 9137 – AN/898.

International Civil Aviation Organization. (2004). Aerodromes. Annex 14.

J.S Bedudu. (2007). Tentang Pengertian Peralatan, KBBI.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2001 Tentang Keamanan dan keselamatan Penerbangan, Jakarta.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Tahun 2010 Tentang Petunjuk Dan Tata Cara Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 139-08, Standar Pembuatan Buku Pedoman Pengoperasian Bandar Udara (advisory circular casr part 139-08, aerodrome manual)

Rosami, A. (2021). Analisis Langkah Preventif dan Mitigasi Terhadap Resiko Penerbangan di Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima Dengan Metode Hazard Identification, Risk Assesment Determining Control (HIRA). Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Soehatman, R. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Perspektif K3 OHS Risk Management. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun (2009). Penerbangan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun (1990). Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Wildlife Hazard. (2010) Bahaya Hewan Liar Di Bandar Udara Dan Sekitarnya (Advisory Circular CASR 139-03, Management On Or In The Vicinity Of An Aerodrome)

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Lusi Amelia Simanjuntak, & Sri Sutarwati. (2023). Analisis Penerapan Manajemen Bahaya Hewan Liar Dalam Menunjang Keselamatan Penerbangan Dengan Metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) Di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam . Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 273–282. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1625

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.