Evaluasi Program Penghijauan PT Jasa Marga di Wilayah Jalan Tol Pada Tahun 2017

Authors

  • M.Hary Juhindra Universitas Islam Indonesia
  • Ahmad Saifudin Mutaqi Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1097

Keywords:

CSR, Tenaga Kerja, PT Jasa Marga.

Abstract

Corporate social responsibility (CSR) merupakan konsep bahwa organisasi khususnya perusahaan memiliki tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, pemegang saham, masyarakat dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan seperti terhadap permasalahan yang berdampak pada lingkungan seperti pencemaran, limbah, produk dan keselamatan tenaga kerja. Tulisan ini merupakan evaluasi terhadap program pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan PT Jasa Marga. Pada bagian awal pembahasan konsep CSR, dasar pemahaman CSR bagi perusahaan dilanjutkan dengan alasan pentingnya tanggung jawab sosial dalam mewujudkan kelangsungan hidup dan perkembangan masyarakat Bagian selanjutnya membahas pro dan kontra CSR, pendekatan pelaksanaan CSR, kegiatan CSR perusahaan di Indonesia dan terakhir membahas dampak program penghijauan terhadap PT Jasa Marga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Sugiyono (2014) mengatakan bahwa metode analisis deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan apa adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku bagi masyarakat umum atau generalisasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Keberlanjutan PT Jasa Marga tahun 2017.

References

Kotler, P., & Lee, N. R. (2005). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. John Wiley & Sons Inc.

Lawrence, A. T. (2008). Business and society : stakeholders (12th ed.). McGraw-Hill.

Marnelly, T. R. (2012). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(2), 1–11. https://jab.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAB/article/viewFile/910/903

Sulistyaningtyas, I. D. (2013). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Program Kampanye Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 63–75. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.241

Widjaja, G., & Pratama, Y. (2008). Risiko Hukum dan Bisnis Perusahaan Tanpa CSR (1st ed.). Jakarta Forum Sahabat.

Widjaja, G., & Yani, A. (1999). Perseroan terbatas (1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Roza, Suswita (2014) Perencanaan,Implementasi,dan Evaluasi Program CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY), Mankeu, Vol 3 No.1, 2014:374-463

Prayogo,Dody. (2011) Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Dan Community Development Pada Industri Tambang Dan Migas, MAKARA,SOSIAL HUMANIORA, Vol.15,No.1 Juli 2011:43-58

Narto dkk, (2019), Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Pelatihan Ecobrick dalam mengelola Sampah Plastik, Jurnal Ilmu Komunikasi,Volume 17 Nomor 3.Desember 2019,Halaman 295-306

Asri dkk, (2020), Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Bank Sampah Delima (PT.Pertamina Ep ASSET 4 Field Cepu), Profetik Jurnal Komunikasi Vol.12/No.2/Oktober 2019)

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

M.Hary Juhindra, & Ahmad Saifudin Mutaqi. (2023). Evaluasi Program Penghijauan PT Jasa Marga di Wilayah Jalan Tol Pada Tahun 2017. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 201–209. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1097

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.