Problem Solving Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja

Authors

  • Alimatul Fitri Assholekhah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Anisa Fitriani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Sarwono Sarwono Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Sidiq Ali Fatoni Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1132

Keywords:

Mahasiswa, dunia kerja, pemecahan masalah

Abstract

Mahasiswa sering disebut sebagai kaum intelektual karena keistimewaannya dalam mengenyam pendidikan tinggi. Sebagai kaum intelektual, tentunya mahasiswa dituntut untuk memiliki kualitas intelektual yang memadai. Baik dari Hard skill dan soft skill sebagai keterampilan nilai-nilai spiritualnya. Namun, disamping itu terdapat suatu tantangan ataupun masalah yang seringkali disebut orang sebagai kesulitan, hambatan, gangguan, ketidakpuasan, atau kesenjangan. Dalam dunia kerja, mahasiswa akan mengalami suatu tantangan dalam proses kuliah dan kerjanya. Mahasiswa harus mampu untuk mengatur dan mengelola waktunya dengan baik. sehingga diantara keduanya dapat berjalan dan tidak mengganggu aktivitas atau kegiatan yang lainya. Maka dari itu pemecahan masalah adalah suatu proses ilmiah seseorang yang melalui sebuah fase dari pemahaman masalah untuk kemudian mencari informasi yang diperlukan untuk diputuskan solusi pemecahannya dan dievaluasi solusinya. Artinya bahwa seseorang yang menghadapi suatu masalah harus mencari sumber informasi dari akar permasalahan tersebut terlebih dahulu. Sehingga seseorang itu akan dengan mudah memutuskan sebuah solusi yang akan dipakainya dalam memecahkan suatu masalah.

References

Analisis Intership Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. (2020). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 199-204.

Hipjillah, A. (2015). MAHASISWA BEKERJA PARUH WAKTU; ANTARA KONSUMSI DAN PRESTASI AKADEMIK (Studi Pada Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu di Uno).

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). ANALISIS TUGAS PERKEMBANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. Jurnal Bikotetik, 73-114.

Mashadi, I. (2015). PROBLEMATIKA DAN SOLUSI MAHASISWA YANG BEKERJA BAGI KEBERLANGSUNGAN BELAJARNYA (Studi pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang). Skripsi.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Alimatul Fitri Assholekhah, Anisa Fitriani, Sarwono Sarwono, Sidiq Ali Fatoni, & Meity Suryandari. (2023). Problem Solving Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 345–352. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1132

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)