Pembentukan Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1119Keywords:
Mahasiswa, Pendidikan KarakterAbstract
Karakter dan akhlak mahasiswa harus dikembangkan secara maksimal agar tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga berkembang di bidang non-akademik untuk mempertahankan rasa identitas diri mereka dalam menghadapi globalisasi. Oleh karena itu, penanaman budi pekerti luhur pada mahasiswa Indonesia merupakan hal yang paling mendesak yang perlu segera mendapat perhatian. Melalui investigasi ini, diyakini akan ditemukan taktik atau konsep untuk meningkatkan akhlak mulia di kalangan pelajar Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tinjauan literatur, yang memerlukan pengumpulan dan penilaian sumber dan fakta dari karya-karya yang diterbitkan seperti buku, jurnal, makalah, dan tesis. Teknik membaca semantik dan simbolik digunakan untuk memperoleh data. Berdasarkan temuan penelitian, pendidikan karakter harus terus dilaksanakan di lingkungan pendidikan tinggi guna meningkatkan dan menanamkan akhlak mulia pada mahasiswa. Guru besar bertanggung jawab untuk membina moralitas dan karakter mahasiswa. Melalui keteladanan yang diberikan oleh dosen dalam lingkungan akademik, mahasiswa akan melakukan peniruan dan cenderung memandang akademisi sebagai role model.
References
Apriyanto, E. S. (2018). Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Supernova: Partikel karya Dewi Lestari serta Relevansinya sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Nilai Pendidikan Karakter, 4, 1–148.
Bahri, S. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76
Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan The Education Character in Education World. Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan, 4(1), 42–51.
Chamorro, T. (2006). Research Methods in Psychology Goals of Psychological Research.
Faisol, A. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel (Study tentang Pendidikan Karakter pada Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Frank van Steenbergen, & Tuinhof, A. (2009). Pendekatan Living Values Education para Karakter Generasi Alfa di Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12(2), 242–252.
Giri, I. M. A. (2020). Pendidikan karakter berbasis budaya sebagai solusi degradasi bangsa. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 59–66. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/540
Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2, 119–126.
Khoirina, R., & Akhmad, F. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral Remaja Di Era Globalisasi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2014, 250–255. http//seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/7116
Mewar, M. R. A. (2021). Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19. Perspektif, 1(2), 132–142. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.47
Murniasih, S., Yolanda, D. G., & Irma, C. N. (2021). Kajian Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 66–71. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9753
Muthohar, S. (2016). Antisipasi Degradasi Moral di Era Global. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 321–334. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.565
Nurhuda, T. A., & Waluyo, H. J. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SIMPLE MIRACLES KARYA AYU UTAMI. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 8(1), 10–18.
Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. Jipsindo, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.38954
Rahmawati, N. K. D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENCEGAH DEGRADASI MORAL REMAJA. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling), 1(1), 134–144.
Ramadhan, Y. L. (2022). Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Religius Dalam Buku Educating For Character).
Retnoviyanti, E. (2012). Interpretasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kajian Sistem Tanda Pada Penokohan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata.
Sukardi, R. (2017). Pendidikan nilai; Mengatasi degradasi moral keluarga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 305–312.
Suparwati, D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 438. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53381
Tomal, D. R. (2010). Action Research For Educators. In Dairy Science & Technology, CRC Taylor & Francis Group (Number June).
Waliyuddin, M. N. (2021). Pendidikan Nilai Perspektif Psikosufistik (Integrasi Psikologi dan Tasawuf dalam Mengembangkan Spiritualitas dalam Pendidikan). Syifa al-Qulub, 5(2), 89–96.
Yulianto, A., Nuryati, I., & Mufti, A. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 110–124. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i1.2596