Pengaruh Motivasi, Biayapendidikan, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi

Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusa Nipa

Authors

  • Maria Enyelistike Sado Universitas Nusa Nipa
  • Andreas Rengga Universitas Nusa Nipa
  • Siktania Maria Dilliana Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.2114

Keywords:

Motivation, Cost of education, Length of study, Student interest, PPAk

Abstract

This study aims to determine the effect of motivation, cost of education and length of education on the interest of accounting students to take Accounting Professional Education (PPAk). This research method is a quantitative method. Data analysis used multiple regression analysis which was calculated using the IMB SPSS 26 program. The hypothesis test used was a simultaneous test (F test), partial test (t test), and test of the coefficient of determination (R2 test). The population in this study were 132 active semester VIII students of the accounting study program at Nusa Nipa Maumere University. The results of this study indicate, based on the results of the F test simultaneously the variables of motivation, tuition fees and length of education have a significant effect on the interest of accounting students to take PPAk. However, based on the t test, only motivation has an influence and is significant on the interest of accounting students to take PPAk with a tcount > ttable (6.342 > 2.000) and a significant value of 0.000 <0.05. while the cost of education and length of education did not affect the interest of accounting students to take PPAk with tcount < ttable (0.881 < 2.000) and tcount < ttable (1.169 < 2.000).

References

Afsary, N. 2019. Pengaruh Biaya Pendidikan, Sarana Prasarana, Kualitas Pengajaran Dosen dan Good Governance Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto & Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta

Berlinasari, M., & Erawati, N. M. A. 2017. Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ppak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 21(1), 447-476.

Denziana, A., & Febriani, R. F. 2017. Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(2).

Fajarsari, H. 2020. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) di Kota Semarang. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 30-43.

Febriana, D. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karier Akuntan Publik Dan Non Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadyah Surakasrta.

Fitri, H. R., & Maryati, U. 2022. Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Accounting Information System, Taxes and Auditing Journal (AISTA Journal), 1(2), 142-149.

Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 21 Updete PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

______. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. 2011. Auditing. Yogyakarta. STIE YKPN.

Hasanah, A. A., & Waskita, A. 2021. Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, dan Pengetahuan Tentang Akuntan Publik (AP) Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk. AKURAT| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 12(1), 21-32.

Jayanti. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Karier Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karier Menjadi Akuntan. Skripsi. Semarang. Universitas Semarang.

Pratama, R. A. 2022. Pengaruh Motivasi Dan Biaya Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Akuntansi & Bisnis, 8(2).

Pura. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. Makasar. Universitas Hasanudin.

Rivandi, M., & Kemala, E. R. 2021. Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 94-108.

Sari, M. M. R. 2019. Pengaruh Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik, Motivasi, dan Kecerdasan Adversity Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Putu Vicky Yuliana Paramita S1. E-Jurnal Akunt, 26, 146-74.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

________. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Nusa Nipa. 2022. Profil Universitas Nusa Nipa Indonesia-Maumere,(Online). (https://nusanipa.ac.id/about).

Widiyani, N. L. I. A., & Badera, I. D. N. 2019. Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Masa Studi pada Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 188-204.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Maria Enyelistike Sado, Andreas Rengga, & Siktania Maria Dilliana. (2023). Pengaruh Motivasi, Biayapendidikan, Dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi : Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusa Nipa. Student Scientific Creativity Journal, 1(5), 439–449. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.2114

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.