KURANGNYA MINAT BACA BUKU KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1676Keywords:
Minat, Baca, MahasiswaAbstract
Kurangnya minat baca dikalangan mahasiswa mengakibatkan kurangnya ide-ide dan pendapat mereka dalam beragumentasi secara inovatif dan kreatif yang nampak dalam presentasi tugas dan menghasilkan karya.jurnal ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research) dengan memanfaatkan artikel, jurnal, buku-buku, dan akses internet sebagai sumbernya. jurnal ini bertujuan untuk mengetahui dampak kurangnya minat baca para mahasiswa, dampak rendahnya minat baca mahasiswa dan cara meningkatkan minat baca remaja. Adapun hasil yang diperoleh dalam panelitian ini yaitu dampak rendahnya minat baca mahasiswa dapat mempengaruhi kurangnya kemampuan mereka dalam penguasaan bidang ilmu pengetahuan dan cara menikatkan minat bacamahasiswa meningkatkan layanan perpustakaan di sekolah dan lingkungan masyarakat ketersediaan bahan bacaan memungkinkan tiap orang untuk memilih apa yang sesuai dengan minat dan kepentingannya. Adapun simpulan dari penelitian ini dampak dari kurangnya minat baca di kalanggan mahasiswa dapat mempengaruhi kemajuan bangsa dan sumberdaya manusianya.
References
Abu Bakar Sayyid, “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Masyarakat di Taman Baca Masyarakat” Skripsi Universitas Bengkulu 2014.
Achmad. 1995, Membina pelajaran Bahasa Indonesia, Surabaya.
Alwi. 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.
Arif S.Sudirman. 2003. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatnya. Jakarta:PT Raja Gr afindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian. Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Chipta
Asniar. Dkk. 2020. “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Siswa. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Jurusan bimbingan dan konseling”: Universitas Halu Oleo. Jurnal BENING volume 4 Nomor 1 januari 2020
Bafadal, ibrahim. 2006. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Perkasa.
Corow. 1988, Pengertian Minat, Jakarta, Bulan Bintang.
Dalman. 2013. Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dalyono.2012. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Darmono. 2001, Pusat Informasi dan Layanan, Jakarta, Balai Pustaka.
Darmono.2014. Manajemen dan Tata kerja Perpustakaan sekolah aspek. Jakarta: Grasindo
Departemen Pendidikan Nasional. 1998, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka. Hernowo. 2005, Quantum Reading, Bandung, Hanindita.
Djaali.2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hikmah Nurul, “Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa diperpustakaan sekolah sman 1 tapung (studi kasus kelas xi ips)” Skripsi Universitas Islam Riau, Pekanbaru.2020(
Jayadi, dkk.2017. Faktor penyebab kurangnya minat baca mahasiswa di perpustakaan. E-journal.Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Juniawan. 2013. Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Kusumawardani. 2003, Kegiatan Belajar, Jakarta, Bulan Bintang.
Laksmi, 2007. Tinjauan Kultural Terhadap Kepustakawanan: inspirasi dari karya Umberto Eco. Jakarta: Sagung Seto, 2007
Nurhaidah, M.Insya Musa “Dampak Rendahnya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa Pgsd Lampeuneurut Banda Aceh Serta Cara Meningkatkannya” JURNAL PESONA DASAR Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016, hal 1-11.
Pahrurrazhi,dkk. 2018. Analisis Minat baca Siswa di Perpustakaan di SDN 37 Pekanbaru.E-journal. PGSD.Universitas Riau
Pratama Sari, Citra. “ Faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa kelas iv “ Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun, Vol 7, 2018. Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto.2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Supriyono. 1998, Kontribusi Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Baca, Jakarta, Erlangga. Widyamartay. 1992, Seni Membaca Untuk Studi, Yogyakarta, Kanisius.
Winanto, Janan. “Minat Baca yang Sangat Rendah” UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA. 2018.