Analisis Pesan Dakwah Pada Channel Youtube Ustad Adi Hidayat Official, Episode Klik Adi “Boleh Muslim Mengucapkan Selamat Natal?”

Authors

  • Ula Muvida Toyiba Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Alfiah Aulia Ilmiana Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Azis Mayardhi Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Hudedi Hudedi Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Az Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1128

Keywords:

Pesan Dakwah, Ilmu Dakwah, Toleransi

Abstract

Islam adalah agama dakwah, yaitu agama yang menyeru dan mengarahkan pemeluknya untuk selalu menyebarkan dan mengirimkan ajaran Islam kepada seluruh umat manusia. Kemudian, kegiatan dakwah berkembang dengan dinamika yang berbeda dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Dakwah harus dilakukan sesuai dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini. Karena konversi dakwah mempengaruhi penyerahan agama dan sebaliknya, dakwah lambat menyebabkan disintegrasi agama. Karena hubungan timbal balik inilah, Islam membebankan kewajiban berdakwah kepada setiap orang beriman. Dalam Q.S Al Baqarah ayat 256 berbunyi “LaaIkrooHafiddiin” yang berarti tidak ada paksaan dalam konteks keberagamaan yang diyakininya. Kemudian Q.S Al Imran ayat 19 yang berisi “bahwa Allah SWT bertanya kepada orang-orang buta huruf (sudahkah kamu masuk islam) jika mereka masuk islam, berarti mereka telah mendapatkan petunjuk. Namun jika mereka berpaling dari hal tersebut maka kewajiban kita hanyalah menyampaikan. Dalam dua konteks pembahasan tersebut maka kita tidak diperbolehkan untuk memaksa orang lain masuk islam atau memaksa ikut meyakini agama selain islam. Seperti halnya Ketika ada masyarakat yang terkena musibah, kita kirimkan sembako namun mewajibkan mereka untuk bersyahadat terlebih dahulu walaupun konteksnya mereka sedang berdakwah, maka berdosalah ia. Adapun para ulama yang membolehkan dan tidak membolehkannya dalam pengucapan tersebut. Para ulama yang melarang mengucapkan Selamat Natal karena berdasarkan interpretasi QS. Maryam ayat 23-26. Dalam ayat ini, Jibril menyuruh Maryam yang melahirkan Isa al-Masih untuk meraihnya akar kurma dan mengambil buah yang matang untuk dimakan. Tanggal tersebut menunjukkan bahwa Isa al Masih tidak lahir pada musim dingin, jadi tanggal 25 Desember bukanlah kelahiran putra Maryam. Adapun para ulama yang membolehkan Selamat Natal didasarkan pada QS. Al Mumtahanah ayat 8. Allah swt. Dalam ayat ini Allah tidak melarang berbuat baik kepada orang yang tidak memerangi umat Islam. Oleh karena itu, mengucapkan Selamat Natal adalah hal baik kepada non muslim, maka perbuatan tersebut diperbolehkan. Penerapan ini dijamin oleh undang-undang Negara pasal 29 ayat 2 yang berbunyi “Negara menjamin tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadah menurut agama dan kepercayaan itu”. Jadi ibadah di islam itu indah dan dapat berupa larangan.

 

References

Abdullah, dalam Abdul salam Dkk. (2020, 2020). Urgensi Dakwah dan Perencanaannya, Dakwah melalui Youtube (Analisis Pesan dakwah ustadz Hanan Attaki). Jurnal Studi Islam, Vol.12, no.1.

Ala, C. S. (2020). Analisis Pesan Dakwah Pada Channel Youtube Hanan Attaki. Jurnal UIN ArRanini, 2122.

Burgess dalam Anisa F. (2009, 2018). Analisis Isi Pesan Dakwah ustadz Hanan Attaki dalam akun Youtube pemuda Hijrah. Jurnal Skripsi UIN Jakarta, 39-40.

Jalaludin, R. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M Ridwan dalam Abdul salam Dkk. (2018, 2020). Peran Dai dalam membimbing penyabung Ayam (Dakwah melalui Youtube, pesan dakwah hanan attaki). Jurnal bimbingan dan penyuluhan Islam, Jurnal Washiyah, Vol.2, no.2.

Moleong Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nasir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugraha, J. (2022, Desember 22). Mengenal Arti Natal, beserta makna dan cara merayakannya. Retrieved from Merdeka.com JaTeng: https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-apa-arti-natal-lengkap-beserta-makna-dan-cara-merayakannya-kln.html

Rifai dalam DPIS IPB. (2021, 02 15). Menyoroti Bencana diindonesia: Dampak, Penangulangan, dan Pencegahan. Retrieved from IPB University: https://dpis.ipb.ac.id/menyoroti-bencana-di-indonesia-dampak-penanggulangan-dan-pencegahan/

Wikipedia. (n.d.). Natal. Retrieved from WIKIPEDIA. Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Natal

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Ula Muvida Toyiba, Alfiah Aulia Ilmiana, Azis Mayardhi, Hudedi Hudedi, & Meity Suryandari. (2023). Analisis Pesan Dakwah Pada Channel Youtube Ustad Adi Hidayat Official, Episode Klik Adi “Boleh Muslim Mengucapkan Selamat Natal?”. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 296–308. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1128

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)