Analisis Kepuasan Pelanggan Kereta Api Penataran
DOI:
https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1606Keywords:
Penataran, Kereta Api, Kepuasan.Abstract
Kereta api Penataran merupakan salah satu moda transportasi ekonomi yang disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia untuk melayani penumpang dari Kota Surabaya hingga Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pelanggan kereta api Penataran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei pengisian kuesioner kepada 342 responden dan dilakukan pada hari kerja dan hari libur. Responden terbagi atas 49% Pria dan 51% Wanita. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil Penelitian menunjukkan lima variabel yang digunakan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan memiliki kontribusi sebesar 70.8% terhadap kepuasan pelanggan.
References
Albrecht, W.Steve Dkk. 2012. Fraud Examination. South-Western: Cengage Learning (http://books.google.co.id/books?id) di akses tgl 21 Des 2020.
Andayani, Yuniarinto, dan Zain. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Surabaya.
Bart Van Looy, Paul Gemmel, Roland Van Dierdonck, (2003). Services management; an integrated approach. Great Britain: Pearson education limited. 2nd edition.
Chonsalasin, Dissakoon, Sajjakaj Jomnonkwao, and Vatanavongs Ratanavaraha. 2020. “Measurement Model of Passengers’ Expectations of Airport Service Quality.” International Journal of Transportation Science and Technology (xxxx):1–11. doi: 10.1016/j.ijtst.2020.11.001
Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Andi Ofset. Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
Farida, F. I., Sarma, M., & Indrawan, D. 2011. Analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa kereta api Ekspres Pakuan Jabodetabek: studi kasus kereta api Ekspres Pakuan Bogor-Jakarta.
Indonesia, 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api
Kotler, Philip dan Amstrong 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Jakarta:
Prenballindo.
Kotler, Philip, 1997, “Perencanaan Manajemen Pemasaran, Analisis dan
Pengendalian”. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Phillip Kotler, Kevin Keller. (2006) Marketing management. Pearson education, prentice hall. 12th edition.