Pengaruh Persepsi Layanan dan Promo Harga Maxim terhadap Kepuasan Pelanggan pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Authors

  • Wanda Ardika UIN Walisongo Semarang
  • Eko Setyo Nugroho UIN Walisongo Semarang
  • Nur Fazlin UIN Walisongo Semarang
  • Khairani Zikrinawati UIN Walisongo Semarang
  • Zulfa Fahmi UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1837

Keywords:

service perception, price promotion, customer satisfaction, Maxim

Abstract

This study aims to measure the Effect of Service Perceptions and Price Promos on Customer Satisfaction in Walisongo State Islamic University Students in Semarang. The data collection technique used in this study was in the form of a questionnaire in the form of a Google form which was distributed to students of the Walisongo State Islamic University Semarang who use Maxim transportation services with a sample of 100 respondents. Based on the results of the analysis, it can be stated that service perceptions and price promos simultaneously influence customer satisfaction of Maxim service users with an F-count value of 11.933 with sig < 0.001. Perceptions of service and price promos have a partially positive and significant effect on customer satisfaction at UIN Walsiongo Semarang students.

References

Amanah, A. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Memilih Produk-Produk Bear Brand (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA).

Andalusi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi kasus Pada PT Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Madani, 1(2), 305–322.

Cheng, B. L., & Rashid, M. Z. A. (2013). Service quality and the mediating effect of corporate image on the relationship between customer satisfaction and customer loyalty in the malaysian hotel industry. Gadjah Mada International Journal of Business, 15(2), 99–112. https://doi.org/10.22146/gamaijb.5474

Dana, I. G., & Suci, N. M. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Menjelaskan Penurunan Penjualan Produk BUMdes di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 11(3), 396-402.

Emor, R. Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh potongan harga, citra merek, dan servicescape terhadap keputusan pembelian konsumen indomaret tanjung batu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).

Faroh, W. N. (2017). Analisa pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. Journal Ilmiah Prodi Manajemen, 4(2), 3-24.

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 2443–3837. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667

Handoko & - Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis - 2017.Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan

Hossain. (2013). Influence of Customer Satisfaction on Loyalty: a Study on Mobile Telecommunication Industry. Journal of Social Sciences, 9(2), 73–80. https://doi.org/10.3844/jssp.2013.73.80

Idris, Andra Miranthi, 2017, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepua san Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Penumpang New Atlas Taksi Semarang)”, Diponegoro Journal of Management, Vol. 6 (3), Hal. 1-8

Isra, J. M., & Trenggana, A. F. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Uber Car (studi Pada Konsumen Uber Car Di Kota Bandung). eProceedings of Management, 4(3).

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal of Management Studies, 12(2).

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 5(2).

Laurent, Felicia, 2016, “Pengaruh E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek melalui Kepuasan Pelanggan”, AGORA, Vol. 4(3) , Hlm. 95-100.

Muhammad, A., Wasito, S. E., & MSIE, P. I. (2019). PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RUMAH MAKAN KHAS SUNDA MA’UNEH JALAN RIAU (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Nastiti, A., & Astuti, S. R. T. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Taksi New Atlas Di Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 126-136.

Prasetya, A. Y., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Transportasi Online Maxim Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 8(5).

Priskilia, P., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Memakai Ulang Layanan Go-Pay Di Wilayah Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(1).

Ramadhan, A. G. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Aplikasi Mobile Dan Harga Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Razak, SE., MS. & Sari - Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana - 2017,PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN

Sandi, S. (2021). PENGARUH DISPLAY PRODUK, DISKON HARGA, DAN BUNDLING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA ALFAMART SUNTER JAYA, JAKARTA UTARA (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Satyo, M. F., & Suprihhadi, H. (2013). Pengaruh diskon harga, merek produk dan layanan pelanggan terhadap keputusan pembelian garmen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 2(8).

Setyarko, Y. (2016). Analisis persepsi harga, promosi, kualitas layanan, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian produk secara online. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 5(2), 128-147.

Sofyan, M., Junaidi, A., & Rahmawati, N. F. (2021, June). Analisis Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi PT. Kadiri Logistik Cargo. In SENMABIS: Conference Series (pp. 83-95).

Tampubolon, L. L. (2021). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap kepuasaan Pelanggan Pengguna Jasa Maxim Di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).

Tsalisa, R. A., Hadi, S. P., & Purbawati, D. L. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA SEMARANG/88/Adm. Bisnis/2022 (Doctoral dissertation, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Wanda Ardika, Eko Setyo Nugroho, Nur Fazlin, Khairani Zikrinawati, & Zulfa Fahmi. (2023). Pengaruh Persepsi Layanan dan Promo Harga Maxim terhadap Kepuasan Pelanggan pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang . Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 380–390. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1837

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.