Pengaruh Persepsi Harga Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan Pengguna Aplikasi Tokopedia pada Mahasiswa di Wilayah Semarang

Authors

  • Galuh Meliana Anggraeni UIN Walisongo Semarang
  • Febby Fariska UIN Walisongo Semarang
  • Mita Widya Pratama UIN Walisongo Semarang
  • Khairani Zikrinawati UIN Walisongo Semarang
  • Zulfa Fahmy UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1840

Keywords:

price perception, electronic word of mouth, trust.

Abstract

This research was conducted to measure the effect of price perceptions and electronic word of mouth on the trust of Tokopedia application users in Semarang city students. This study was conducted by linear regression data analysis techniques and using a quantitative approach through purposive sampling technique with a sample of 113 respondents. Based on the results of the analysis can be argued that the perception of price and electronic word of mouth simultaneously affect the trust of Tokopedia application users with the value of F-count 90,496 with sig < 0.001. Perception of price and electronic word of mouth have a significant positive effect partially on the trust of Tokopedia application users at Semarang City students

References

Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. (2014). Electronic Word-Of-Mouth (e-WOM) . Jurnal Perjotelan dan Manajemen Jasa, 2 (2), 218–230.

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10 (1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Alfian, Z., & Utami, S. (2019). Pengaruh E-Wom Terhadap Keinginan Untuk Membeli. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4 (1), 258–268.

Alwafi, Fachrizi, Magnadi, R.H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Diponegoro Journal Of Management, 5 (2), 2337-3792

Babić Rosario, A., Sotgiu, F., De Valck, K., & Bijmolt, T. H. A. (2016). The Effect of Electronic Word of Mouth on Sales: A Meta-Analytic Review of Platform, Product, and Metric Factors. Journal of marketing research, 53 (3), 297–318.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2015). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Pertama). Rajawali Pers.

Cherstiawan, Alvin. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Promosi dalam Keputusan Pembelian di Tokopedia pada Mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Ilmiah Manajemen Bisnis 19 (2), hlm. 1-11.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234-A239.

Khairunnisa, K., & Farida, L. E. (2018). Strategi Digital Entrepreneur dalam Meningkatkan Kepercayaan Konsumen. In Proceeding of National Conference on Asbis (Vol. 3, pp. 225-232).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson education.

Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta : Erlangga.

Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3 (02), 61–74. https://doi.org/10.30996/jmm17.v3i02.802

Mutiara, M., & Wibowo, I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8 (2). 10-20. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419

Nainggolan, (2018) Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Great Season Tours and Travel di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 6 (1), 49-62.

Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Derivatif: Jurnal Manajemen, 16(1), 162-173.

Nurhayati, H. (2022). Leading e-commerce sites in Indonesia as of 2nd quarter 2022, by monthly traffic. https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/

Putri, R. O., & Wibawa, B. M. (2017). Identifikasi Permasalahan Komplain pada E-Commerce Menggunakan Metode Fishbone. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6 (1), D37-D41.

Ramadhani, R., & Prihatini, A. E. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Perceived Risk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8 (1), 140–145.

Retnowulan, Julia. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi. Cakrawala. 17 (2), 139-145.

Saputra,Y. S. P. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Review, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli di E-Commerce Tokopedia (Studi Pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). Skripsi. Universitas Semarang.

Shodiq, A. F., Hidayatullah, S., & Ardianto, Y. T. (2018). Influence Of Design, Information Quality and Customer Services Website On Customer Satisfaction. International Journal of Scientific & Engineering Research. 9 (12), 746–750

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.Com. Agora, 5 (1), 1-7

Verina, E., Yulianto, E., & Latief, W. A. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang Berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10 (1), 1-10.

Yulianda, A. (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyaliyas Pelanggan Pada Industri Kue Bawang Bina Karya Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7 (2), 46-53.

Yoeliastuti, Y. (2017). Hubungan Antara Persepsi Harga dengan Kinerja Manajerial dan Citra Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Lentera Bisnis, 6 (1), 147-159.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Galuh Meliana Anggraeni, Febby Fariska, Mita Widya Pratama, Khairani Zikrinawati, & Zulfa Fahmy. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Kepercayaan Pengguna Aplikasi Tokopedia pada Mahasiswa di Wilayah Semarang. Student Scientific Creativity Journal, 1(2), 401–411. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1840

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.