Perbandingan Motivasi Belajar Penjas Antara Jurusan IPA Dengan Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Subang

Authors

  • Gempar Al-Hadist Universitas Subang
  • Arif Fajar Prasetiyo Universitas Subang
  • Daniel Assetiawan Iriana Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.909

Keywords:

IPA, IPS, Motivasi, Penjas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan motivasi belajar penjas antara jurusan IPA dengan jurusan IPS di SMA Negeri 1 Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah non-eksperimen (ex post facto) dengan desain komparatif, yaitu penelitian diarahkan untuk membandingkan satu kelompok sampel dengan kelompok lainnya. Dalam penelitian ini, peneliti ingin membandingkan tingkat motivasi belajar jurusan IPA dengan jurusan IPS di SMA Negeri 1 Subang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA dan XII IPS SMA Negeri 1 Subang yang berjumlah 364 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 20% dari populasi yaitu 69 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi yang diadopsi dari Risyanto (2014) yang diuji validitas dan reabilitasnya oleh penulis dengan hasil 25 item soal valid dari 27 item soal yang ada dan tingkat reabilitasnya sebesar 0.902. Dalam penelitian ini uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dengan hasil 0,002 < 0,05 maka dengan hasil tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar penjas jurusan IPA dengan jurusan IPS di SMA Negeri 1 subang.

 

References

Arikunto, S. (2001). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, l. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan TradisionaI Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV Min Ngronggot Nganjuk. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(2), 279–308.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emda, A. (2018) Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5, (2): 172–182.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). 4(1): 47. [Online]. Tersedia: https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594 [14 Juni 2021]

Febriani, R.D, dkk (2016). Perbedaan Aspirasi Karier Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan, dan Tingkat Pendidikan Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5 (3): 160-171. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor [14 Juni 2021]

Fitiani, M. A. (2011) Perbedaan Tingkat Stres Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPA Dengan Jurusan IPS di SMA N 2 Sukoharjo. [Online]. Tersedia: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16169 [14 Juni 2021]

Heiman & Kariv. (2005). Task-Oriented versus Emotion-Oriented Coping Strategies: The Case of College Students. College Students Journal, 39 (1): 72 – 89.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Mulyanto, R. (2016). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.

Rahmawan, E. F. (2013). Perbandingan Minat Kelas IPA Dan Kelas IPS Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1 (1), 107-112.

Risyanto, A (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran “Play-Teach-Play” Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/id/eprint/16978.

Rosdiani, D. (2012). Perencanaan PembeIajaran DaIam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Bandung: Aifabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Surabaya: Usaha Nasional.

vivin, dkk. (2019). Kecemasan dan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Indonesia. 8(2): 240-257. [Online]. Tersedia: http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona [14 Juni 2021]

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Gempar Al-Hadist, Arif Fajar Prasetiyo, & Daniel Assetiawan Iriana. (2022). Perbandingan Motivasi Belajar Penjas Antara Jurusan IPA Dengan Jurusan IPS Di SMA Negeri 1 Subang. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.909

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.