Perancangan Sistem Manajemen Informasi Akademik Berbasis Web SD N 3 Jambearum Kendal

Authors

  • Edy Siswanto Universitas Sains dan Teknologi Komputer
  • Meliana Nadlifathul Lailiyyah Universitas Sains dan Teknologi Komputer

DOI:

https://doi.org/10.55606/teknik.v3i3.2551

Keywords:

sistem informasi, akademik, SD N 3 Jambearum

Abstract

Abstrak. Akademik adalah kegiatan yang sangat erat hubungannya dengan hal dalam dunia belajar mengajar di lingkungan pendidikan formal. Sistem informasi akademik  SD N 3 Jambearum dinilai tidak efektif jika data murid, data pengajar atau guru, data mapel atau mata pelajaran, sistem penjadwalan, dan pencatatan hasil nilai akhir atau raport. Tujuan utama penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem akademik, melakukan perancangan sistem,  analisis dan pengujian sistem, serta memperkenalkan sistem informasi akademik. Dalam mengembangkan sistem akademik, penulis menggunakan metode yang disebut Penelitian dan Pengembangan. Metodologi penelitian dan pengembangan merupakan suatu pendekatan dilakukan dalam lingkungan organisasi untuk mengeksplorasi dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, produk, dan layanan baru. Metode pengembangannya malalui bentuk model terstruktur dengan menggunakan alat  serta gaya kerja seperti flowmap, diagram konteks, dan diagram aliran. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi akademik yaitu dengan bahasa PHP, dan databasenya adalah MySql. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SD N 3 di Jambearum menunjukkan bahwa dengan dibuatnya sistem informasi akademik akan memungkinkan staf TU untuk lebih cepat mengelola perencanaan dan evaluasi data siswa, data guru, data mata pelajaran, dan sertifikat siswa, serta meminimalis kesalahan-kesalahan proses pencatatan data, hal ini menunjukkan bahwa hal ini dapat membantu mengurangi. Mengurangi kesalahan saat membuat hasil laporan dalam bentuk e-raport.

References

Husin,N.(2020).Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SD N Jatisapurna x. Esensi Infokom, 50-59.

jawara, F. w., Satrio, W. A., & Mochammad, S. C. (2018). Pembangunan sistrm informasi manajemen akademik sekolah dasar(Study ksus wates kabupaten kediri). Pengembangan teknologi informasi dan ilmu komputer, 4777-4784.

Julian Chandra W, (2020). Implementasi sistem informasi akademik (studi kasus : SMP N 20 Bandung).

Jogiyanto, H.M., (2019) , Analisa dan Desain Sistem Informasi:Pendekatan Terstr uktur teori dan parktik Aplikasi Bisnis.

Kurniadi, Denny. (2021). Perancangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis web pada SK N 1 Solok. vocational teknik elektronika dan informatika,30-31.

Kurniawan, Budi.(2020). Desain web praktis dengan CSS, Jakarta

latif, S. (2021). Implementasi sistem informasi input nilai semester mahasiswa mahasiswi teknik informatika Uswim nabire berbasis web . Teknologi dan rekayasa.

Ladjamudin.(2020). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta : Graha Marijan, & Nurajizah, S. (2019). Perancangan sistem informasi akademik berbaasis

web pada sd islam luqnatul hakim bekasi. Teknologi dan sistem informasi, 71-78.

Purwanto, & Purwanto. (2018). Strategi membangun budaya religius siswa di SMA NU Al Ma'ruf Kudus .

putra, E. I. (2019). Pengembangan sistem informasi akademik berbasis web pada smk muhammadiyah weleri. Semarang.

Putri, D. A., & Irwansyah, M. A. (2019). Rancang bangun sistem informasi pengolahan nilai rapor berbsis web pda smp negeri 16 Pontianak. Sistem dan teknologi informasi.

Susilawati, E. (2019). Perancangan sistem informasi akademik berbasis web pada SD N 2 Branti Raya Lampung Selatan. IIB Darmajaya.

Yeda, N. (2020). Peranca ngan sistem informasi akademik berbasis web pada SD N 23 pangkalpinang. ISB atmaluhur repository.

Zinuroqib. (2019). Sistem informasi pengolahan data nilai siswa berbasis web pada SMA NU Al Ma'ruf Kudus.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Edy Siswanto, & Meliana Nadlifathul Lailiyyah. (2023). Perancangan Sistem Manajemen Informasi Akademik Berbasis Web SD N 3 Jambearum Kendal. Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 3(3), 108–117. https://doi.org/10.55606/teknik.v3i3.2551

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)