TINJAUAN EKONOMI SYARIAH ATAS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND LOKAL DI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Wahyu Akbar IAIN Palangka Raya
  • Jefry Tarantang IAIN Palangka Raya
  • Elda Mirnawati IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v1i1.217

Keywords:

Product Quality, Price, and Local Brand Purchase Decision

Abstract

The focus of this research is to find out whether there is an effect of product quality and price on consumer purchasing decisions on local fashion products in Palangka Raya City. Product quality and price are factors that can influence consumer purchasing decisions and are often used by consumers as a basis for consideration of a product until they decide to make a purchase. This research uses a quantitative approach method. This type of research uses field data on WYD (Wear Your Design) distribution of Palangka Raya as a local brand maker of Palangka Raya. Methods of data collection using questionnaires. The sampling technique used was accidental sampling. The population in this study used the Lemeshow formula and obtained a sample of 96 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis technique. The results showed that based on the results of the partial test statistical calculations, it was concluded that product quality and price had a partial and simultaneous effect on people's purchasing decisions at WYD Distro Palangka Raya. The implementation of Islamic economic values ​​in the form of the value of benefit and justice in production and consumption activities in this study.

References

Akbar, W., & Tarantang, J. (2018). Manajemen zakat (Hakikat dan spirit Alquran Surah At-Taubah [9]: 103). K-Media.

Akbar, W. W. (2021). Epistemologi Fikih Filantropi Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia: The Epistemology of Fiqh Philanthropy in the Covid-19 Pandemic Period in Indonesia. Jurnal Bimas Islam, 14(2), 345–366.

Anggraini, L. N., Kustiyah, E., & Sudarwati, S. (2019). Pengaruh kualitas, harga dan citra produk terhadap kepuasan pelanggan pada produk kosmetik Wardah (studi pada mahasiswi Fakultas Ekonomi Islam Batik Surakarta). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 46–48.

Anggriani, I., & Indasari, F. (2018). Analisis Perbedaan Pembelian Impulsif Ditinjau Dari Gender Konsumen Pada Puncak Toserba Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(1).

Dewi, N. L. P. A., Endiana, I. D. M., & Arizona, I. P. E. (2019). Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 1(1), 322–333.

Fitriani, F. L. (2020). Pengaruh Motivasi Emosional dan Motivasi Rasional Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa FEBI IAIN Kudus. IAIN KUDUS.

Gofur, A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Persaingan terhadap Minat Beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424.

Ihwanudin, N., & Beladiena, A. N. (2020). Filosofi Bisnis Ritel Modern Dalam Perekonomian Islam Di Indonesia. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarbiyah, 5(2), 35–52.

Kharismaputri, B. Y. R., Musawar, M., & Mansyur, Z. (2021). Perilaku Panic Buying dalam Perspektif Konsumsi Islam (Studi Fenomenologi pada Konsumen Retail Jembatan Baru Se-Kota Mataram). Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(2), 129–150.

Kurniati, R. R., & Junaida, D. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shopee (Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 8(3), 154–162.

Lubis, A. A. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).

Maharani, D., & Hidayat, T. (2020). Rasionalitas Muslim: Perilaku Konsumsi dalam Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 409–412.

Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Nurhadi, N. N. (2019). MANJEMEN STRATEGI PEMASARAN BAURAN (MARKETING MIX) PERSEPKTIF EKONOMI SYARIAH. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2).

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia Dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3), 1374–1400.

Pelu, I. E. A. S., & Akbar, W. (2020). Developing sharia tourism in fostering regional economic growth (study on sharia tourism at west nusa tenggara). Heritage of Nusantara: International Journal of Religious Literature and Heritage, 9(1), 115–142.

Prasetya, I. I., & Widjaja, A. (2019). Penerapan E-Commerce Berbasis Wordpress untuk Penjualan pada Distro ID Clothing. IDEALIS: InDonEsiA JournaL Information System, 2(6), 307–312.

Purba, E., Purba, B., Syafii, A., Khairad, F., Damanik, D., Siagian, V., Ginting, A. M., Silitonga, H. P., Fitrianna, N., & Arfandi, S. N. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.

Puspitasari, I., Sumampouw, H. J., & Punuindoong, A. Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kesesuaian Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Beras Premium Pada Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Utara Dan Gorontalo (Studi Kasus Pada Konsumen Wilayah Kota Manado). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS (JAB), 6(002).

Sari, D. P. (2019). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk merek eiger (kajian pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 352–366.

Sutrisno, A. (2021). Ekonomi Islam Perspektif Ibnu Taimiyah. MUAMALATUNA, 13(1), 103–120.

Tarantang, J., Akbar, W., & Misna, N. (2021). Filantropi Islam (regulasi dan implementasi zakat di Indonesia). K-Media.

Wahyu, A. R. M. (2018). PEMIKIRAN EKONOMI IBNU QAYYIM TENTANG KONSEP TAS’IR. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 16(2), 230–263.

Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1–9.

WIBERA, T. I. O. R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO LD SEVENTEEN PLAZA PARAHYANGAN BANDUNG. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Wibowo, A., & Hariyati, N. (2020). Pengaruh Budaya Dan Persepsi Masyarakat Non Muslim Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Bengkalis. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 29–42.

Winarsih, W., & Indrarini, R. (2021). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRODUK ISLAMI DAN SELEBRITI ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO SUNSILK HIJAB. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 81–94.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.

Zulkarnain, R., Taufik, H. E. R., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 87–110.

Akbar, W., Tarantang, J., & Sa’diah, M. (2022). STUDY OF STUDENTS’ CONSUMPTION BEHAVIOR IN THE PURCHASE OF FASHION PRODUCTS IN THE CITY OF PALANGKA RAYA ISLAMIC ECONOMIC PERSPECTIVE. JURNAL RISET RUMPUN ILMU EKONOMI, 1(1), 74–79.

Rahmad Kurniawan, Jefry Tarantang, Wahyu Akbar, Sofyan Hakim, Enriko Tedja Sukmana, & Riza Hafizi. (2022). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada Umkm Di Kota Sampit, Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(1), 35–52.

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Dakhoir, A., & Angga Safitri, N. (2022). Penyuluhan Urgensi Tera Ukur/Sertifikasi Timbangan di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 128–133.

Downloads

Published

2021-03-15

How to Cite

Akbar, W., Tarantang, J., & Mirnawati, E. (2021). TINJAUAN EKONOMI SYARIAH ATAS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BRAND LOKAL DI KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 96–105. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i1.217

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.