KEPUASAN KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS BULANGO KECAMATAN BULANGO UTARA KABUPATEN BONEBOLANGO PROVINSI GORONTALO

Authors

  • Andi Nuraina Sudirman Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Firmawati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Supriyanto Basri Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yahya Djakaria Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v2i1.1000

Keywords:

Covid-19, Kepuasan Pasien.

Abstract

Virus Corona  merupakan  keluarga  besar  virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan, sedangkan kepuasan pasien merupakan salah satu fungsi dari manajemen keperawatan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kepuasan kunjungan pasien rawat jalan dimasa pandemi covid 19 di Puskesmas Bulango. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif non analitik menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian menunjukan kepuasan pasien berdasarkan Reliability sebagian besar adalah dengan kategori Cukup sebanyak 19 responden (47.5), kepuasan pasien berdasarkan Assurace sebagian besar adalah dengan kategori Cukup sebanyak 23 responden (57.5), kepuasan pasien berdasarkan Tangibles sebagian besar adalah dengan kategori Baik sebanyak 18 responden (45.0), kepuasan pasien berdasarkan Empathy sebagian besar adalah dengan kategori Baik sebanyak 20 responden (50.0), kepuasan pasien berdasarkan Responsiveness sebagian besar adalah dengan kategori Baik sebanyak 20 responden (50.0). Kesimpulan dalam penelitian yaitu Mutu pelayanan keperawatan selama masa pandemi Covid-19 dinilai sudah baik, akan tetapi perlu di optimalkan pada dimensi Reliability dan Assurace.

References

Suni, N. S. P. (2020). Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease. Jurnal Info Singkaat.

Sugiyarto, S. (2020). Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Wonokerto Kecamatan Wonogiri. Jurnalempathy.Com. https://doi.org/10.37341/jurnalempathy.v1i1.5

Handayani, S. (2016). Tingkat kepuasa pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Baturetno.

Antari, N. K. N (2019). Gambaran Kepuasan Pasien rawat jalan terhadap pelayanan kesehatan di UPT Kesmas Payangan, Gianyar, Bali.

Chairunnisa, & Puspita, M. (2021) Gambaran Kepuasan Rawat Jalan terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura (RSIJS) Tahun 2015. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan.

Nisa, K. & Yulianto, M. (2020) Gambaran tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tanjungrejo Kabupaten Kudus.

Permana, I. G. A. S. & Krisnawati, K. M. (2017) Gambaran Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Menerima Pelayanan BPJS Kesehatan Di Puskesmas Blahbatuh I Gianyar.

Arianto, R. A. (2017) Gambaran Kepuasan Rawat Jalan Peserta BPJS Kesehatan Di Puskesmas Pandak ll Bantul Yokyakarta. Yogyakarta. SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Adian, Y. A. P. (2019) Gambaran tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Loket Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Di Jawa Timur. Jurnal.unair.ac.id/JPHRECODE.

Irmawati, S. & Nurhannis. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis

Downloads

Published

2022-03-19

How to Cite

Andi Nuraina Sudirman, Firmawati, Supriyanto Basri, & Yahya Djakaria. (2022). KEPUASAN KUNJUNGAN PASIEN RAWAT JALAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PUSKESMAS BULANGO KECAMATAN BULANGO UTARA KABUPATEN BONEBOLANGO PROVINSI GORONTALO. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(1), 130–137. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i1.1000

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.