HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS WAIMITAL

Authors

  • Moh. Dahlan Sely STIKes Maluku Husada
  • Maryam Lihi STIKes Maluku Husada

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v1i1.600

Keywords:

Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu.

Abstract

Kepuasan pasien salah satunya diduga dipengaruhi oleh waktu tunggu pelayanan. Waktu tunggu pelayanan merupakan masalah yang sering menimbulkan keluhan pasien dibeberapa Rumah Sakit. Lamanya waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana Rumah Sakit mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Tujuan penelitian ini adalah hubungan waktu tunggu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas waimital. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan Potong Lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang berkunjung pada bulan januari yang berjumlah 243 pasien di Puskesmas Waimital. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Random Sampling dengan jumlah sampel atau responden yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 148 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 79 orang  yang menunggu  ≤ 60 menit tetapi merasa puas sebanyak 64 orang (81,0%) dan sedangkan dari 69 orang yang menunggu > 60 menit tetapi puas sebanyak 5 (7,2%)  menunggu yang ≤ 60 menit tetapi merasa tidak puas sebanyak 15 orang (19,0%) dan menunggu > 60 menit tetapi  tidak merasa puas sebanyak 64 orang (92,8%). Berdasarkan hasil uji statistic dengan menggunakan uji chi-squer di peroleh nilai p value 0.000 < 0,05 artinya ada hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien di Puskesmas Waimital. Kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Waimital yang ditemukan secara statistika.

References

Berry Pranata, D., & Erfahmi, M. S. (2017). Budaya 3s (Senyum, Salam, Sapa) Sebagai Ide Penciptaan Karya Lukis. Serupa The Journal of Art Education, 6(1).

Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal'Aisyiyah Medika, 4.

Fitriah N, 2016. Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu pelayanan obat di Instansi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. (online) diakses pada http://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/1634 pada 20 januari 2018

Maulana, D., Tamrin, R., Alim, A., & Imran, A. (2019). “Analisis Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Maccini Sombala”. Jurnal Kesehatan, 12(2), 99-111.

Pavilonita, A. R. (2019). “Pengaruh Budaya Kerja Dan Alur Rekam Medik Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kertosono”. Revitalisasi, 6(1), 14-22.

Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta. INFOKES Journal, 8(1).

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Moh. Dahlan Sely, & Maryam Lihi. (2021). HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS WAIMITAL. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.55606/jikki.v1i1.600

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.