Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Tir-Sa (Studi Pada PT. Tirta Sari Cemerlang)

Authors

  • Endah Pujiastuti Politeknik Stibisnis
  • Iip Dyah Kusumaningati Politeknik Stibisnis
  • Putri Seprina Politeknik Stibisnis

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i1.1305

Keywords:

Product, Price, Promotion, Distribution and Buying Interest

Abstract

This study aims to determine the effect of product, price, promotion and distribution on consumer buying interest in drinking water products in the brand of tir-sa at PT. Tirta Sari Cemerlang.

       The method used in this study is a quantitative method. Determination of the sample using simple random sampling technique and the number of samples as many 92 respondents. Data collection techniques using observation, interviews, literature study and questionnaires. While the data analysis techniques used are validity, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test and hypothesis testing.

       Based on the results of the study, it shows that price and distribution partially have no significant effect on consumer buying interest as evidenced by the t-count value of the price of -0.339 < t table 1.989 with a significant value of 0.736 > 0.05, and the t-count value of the distribution of 0.070 < t table 1.989 with a significant value of 0.994 > 0.05. While products and promotions partially have a significant effect on consumer buying interest as evidenced by the t-count value of the product of 2.401 > t table 1.989 with a significant value of 0.019 < 0.05, and the t-count value of promotion of 3.414 > t table 1.989 with a significance value  0.001 < 0.05. However, simultaneously product, price, promotion and distribution variables have a significant effect on consumer buying interest with a calculated   f value of 6.541 > f table 2.48 and a significant value of 0.000 < 0.05.

References

Abdul Latief. 2018. Analisis Pengaruh Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir Di Kota Langsa), Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol. 7, No. 1, Hal 90-99.

Abdullah, T., & Francis, T. 2013. Manajemen Pemasaran (Kedua), Jakarta: PT. Raja Grafa Indo Persada.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andriany, D. & Yusrita. 2015. Perencanaan Bisnis. (F. Zukarnain, Ed.). Medan: Umsu Press.

Anggi Maulana Sopian. 2017. Pengaruh Lokasi dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Kedai Kopi Euy Kota Bandung), Bandung : Universitas Unpas Bandung.

Anik ariyanti, Rochmad Fadjar. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Wardah Cosmetics, Jurnal Manajemen Kewirausahaan Vol. 17, No. 2, Desember 2020, Hal 143-154.

Anto Setiawan, Indonesia. Go.Id, Teguk Kesegaran Airnya, Lindungi Kesehatan Masyarakat https://indonesia.go.id/kategori/kuliner/1980/teguk-kesegaran-airnya-lindungi-kesehatan-masyarakat (Di akses : 5 Agustus 2020).

Aptaguna A, dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Jasa GO-Jek, Jurnal Widyakala Vol.3, maret 2016, Hal. 49-56.

Arianty, dkk. 2016. Manajemen Pemasaran Medan. Perdana Publishing.

Arief Adi Satria. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 2 No. 1, April 2017, Hal 45-53.

Arif Rahman. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Mineral Ainiqua Di 212 Mart Medan (Studi Kasus Konsumen 212 Mart Garuda), Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Boone, Luise E dan Kurtz, David L. 2002. Pengantar Bisnis, Jilid Ke-1, Terjemahan Anwar Fadriansyah, Jakarta: Erlangga.

Darsono dan Nur Elfi H. 2020. Pengaruh Distribusi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di PT. Mulia Makmur Lestari, Jurnal EMBA, Vol. 8, No. 3. Hal 44-53.

Eliya Suryaningsih. 2021. Pengaruh Bauran Pemasaran 4P terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek “Cheers” Pada CV. Dharma Putra Wijaya di Samarinda, Samarinda: Universitas Mulawarman Samarinda.

E. Silaningsih dan P. Utami. 2018. Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan, Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 9, No. 2, Oktober 2018, Hal 145-148.

Galang Pahlevi Dirgantara Putra. 2017. Pengaruh Kemasan, harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Apel Kusuma Kota Malang, Malang : Universitas Brawijaya Malang.

Gendro Wiyono. 2017. Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0, Yogyakarta: STIM YKPN Yogyakarta.

Hardiansyah, Raja. 2019. Pengaruh Suasana Toko, Lokasi, dan Promosi terhadap Minat Beli di Toko Roti Morning Bakery, Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol. 6, No 1. Hal 1-5.

Heru, dkk. 2018. Pengaruh Harga, Kualiatas Produk, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian, Kinerja, Vol. 14, No. 2, Hal 92-97.

Husein Umar. 2011. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prehalindo.

Kotler P. dan Keller K. 2006. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kotler P, dan Amstrong G. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12, Jakarta : Erlangga.

Kotler, P, & Amstrong, G. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran (Indeks). Jakarta: Limakrisna.

Kurniawan A. 2016. Metode Riset Untuk Ekonomi & Bisnis (Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis Dilengkapi Perhitungan Data dengan IBM 22.0). Bandung: Alfabeta.

Mahmud Machfoedz. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern, Yogyakarta: Cakra Ilmu.

M. Aries. 2018. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Make up Artist yang Membeli dan Menggunakan Produk KRYOLAN di Kabupaten Bojonegoro), Malang: Universitas Brawijaya.

Marisi Butabutar dkk. 2020. Manajemen Pemasaran : Teori dan Pengembangan, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Meiske Takalawesang. 2018. Pengaruh Produk, Harga, Promosi, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Miel di Surabaya, Surabaya: Universitas Katolik Darma Cendika.

Mikdam Luthfi dan Sulistiono. 2020. Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Advanture There Park, Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Kesatuan, JIPKES (Jurnal Imiah Pariwisata Kesatuan), Vol. 1, No. 1, April 2020, Hal 43-52.

M. Iqbal Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodelogi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Syukri Nasution. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Febi Berbelanja Onlie di Kalangan Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan, Padangsidimpuan : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan.

Nircolas Adit Nugraha & Fasochah. 2021. Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Produk Dan Distibusi Terhadap Minat Beli Konsumen CV. Jamben Strore Semarang. Dharma Ekonomi, No 53/Th. XXVIII/April 2021, Hal 1-9.

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontenporer. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, Dwi. 2014. SPSS 22 Pengelolaan Data Terpraktis, Yogyakarta: Andi Offset.

Rahman, Su. 2011. Sukses Bisnis Jasa Membuat Website dengan modal 300 Ribu., Jakarta: Mediakita.

Ririn Respiani. 2020. Pengaruh Produk, Promosi, dan Saluran Distribusi terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Robusta Bhinneka Cipta Selaras, Batam: Universitas Putera Batam.

Rizki Salamah Batubara, 2019, Pengaruh Distribusi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Garuda Food Pada Toko Pengecer di Kota Medan (Studi Kasus Dikecamatan Medan Tembung). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rori Safitri Wulandari, 2021, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (Studi Kasus CV. Bina Harta Kabupaten Lombok Utara), Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram.

Sinulingga, S. 2016. Metode Penelitian, Medan: USU Press.

Sugiyono dan Susanto A. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisel (Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian kombinasi (mis Method), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran,Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

Walker, Boyd dan Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran (Suatu Pendekatan Strategi dan Orientasi Global). Edisi ke dua, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Endah Pujiastuti, Iip Dyah Kusumaningati, & Putri Seprina. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Tir-Sa (Studi Pada PT. Tirta Sari Cemerlang). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(1), 92–101. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i1.1305

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.