Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi SIAPIK

Authors

  • Ferica Christinawati Putri Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i2.1886

Keywords:

Si APIK, Laporan Keuangan, UMKM

Abstract

Laporan keuangan merupakan dokumen yang sangat penting untuk kegiatan UMKM. Laporan keuangan disusun untuk memberikan informasi keuangan mengenai kondisi keuangan UMKM. Dokumen laporan keuangan juga digunakan untuk pengajuan permohonan modal. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, penyusunan laporan keuangan saat ini bisa dilakukan dengan cara yang praktis dengan menggunakan aplikasi pada smartphone yaitu aplikasi Si APIK. Si APIK memberikan kemudahan dalam hal mencatat setiap transaksi dan menghasilkan laporan keuangan berupa Neraca, Perubahan Modal, dan Laporan Laba Rugi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penggunaan Aplikasi Si APIK untuk menghasilkan laporan keuangan untuk budidaya udang pada CV. Nuri Benur Surabaya di Kota Tarakan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari survey, observasi dan pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan pengetahuan pemilik usaha mengenai pentingnya penyusunan laporan keuangan untuk operasional usaha dan meningkatnya kemampuan mencatat transaksi yang dapat menghasilkan laporan keuangan berupa Neraca, Laba Rugi dan Laporan Arus Kas pada CV. Nuri Benur Surabaya.

References

Mubarok, Husni. "PENERAPAN APLIKASI KEUANGAN “SI APIK” DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN CV REMAJA SEKAYU ." Jurnal ACSY Politeknik Sekayu, 2020: 34-43.

Rawun, Yuli. "Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM (Suatu Studi UMKM Pesisir Di Kecamatan Malalayang Manado)." Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis Vol.12, No. 1, , 2019: 57-66 .

Haryanto, A. T., Dewi, S. N., & Riyadi, J. S. (2020). Pemanfaatan Limbah Ampas Tahu Desa Ngasinan Etan, Gebang, Masaran, Sragen. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.33061/awpm.v4i1.3551

Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia, 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah. Ikatan Akuntan Indonesia: Jakarta.

Downloads

Published

2021-08-18

How to Cite

Ferica Christinawati Putri. (2021). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi SIAPIK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 1(2), 93–101. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i2.1886

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.