KINERJA GURU PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Revita Yanuarsari Universitas Islam Nusantara
  • Dianti Yunia Sari Universitas Islam Nusantara
  • Iim Nurjanah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.595

Keywords:

Performance, Teacher, Standard

Abstract

The background of this research is the number of PAUD institutions that have been established but are not matched by qualified human resources (teachers). Therefore, the purpose of this study was to obtain an overview and information about the performance of PAUD teachers in implementing the standards for the level of achievement of child development. The research method used is descriptive qualitative research method. The study concludes that there is a lack of understanding of teachers regarding aspects of professional and pedagogic competence, an imbalance in the ratio of teachers and children and the use of learning resources is limited to textbooks so that the assessment is only sourced from summative and portfolio tests so that it tends to emphasize the field of basic ability development, and the obstacles faced by teachers. PAUD is mostly due to external factors.

References

Afdhilla, Alfien Baddrin, and Syarizal Agam Mahendra. "Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini." Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 8.1 (2020): 1-10.

Aliyah, S. “Aplikasi Metode Catung UT (Ular Tangga) Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Dan Menghitung Berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun”. Jurnal NARATAS, vol. 1, no. 2, Sept. 2020, pp. 29-30, doi:10.37968/jn.v1i2.24.

Amiluddin, Amiluddin. "KONSELING INDIVIDU MEMBENTUK PRIBADI BERKARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 2 BARRU." Jurnal Bimbingan dan Konseling 7.2 (2020): 103-113.

Handayani, Fitri, and Siti Nur Azizah. "Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA) 3.3 (2021): 495-509.

Holis, Ade. "Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini." Jurnal Pendidikan UNIGA 10.1 (2017): 23-37.

Permadi, Deni Surya. "Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar." Nusantara Education Review 3.1 (2020): 23-34.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2017.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 28.

Novi, Postalia. PENERAPAN MEDIA PERMAINAN KARTU ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK NEGERI PEMBINA BLAMBANGAN UMPU. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2021.

Purnamasari, Ricca. Analisis Lembar Kerja Untuk Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Wilayah Banjarejo, Boja, Kendal. Diss. Universitas Negeri Semarang, 2017.

Raihana, Raihana. "Urgensi Sekolah PAUD untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini." Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1.1 (2018): 17-28.

Revita Yanuarsari, Ella Dewi Latifah, and Lisnawati. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERHITUNG MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA FLASH CARDS (Studi Deskriptif Di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis)”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), vol. 2, no. 2, July 2022, pp. 128-33, doi:10.55606/jurdikbud.v2i2.261.

Rochmah, Elfi Yuliani. KONSEP DIRI DALAM AL-QUR’AN (TELAAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN). Diss. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2020.

Sakdiah, Halimatus, and Delfi Eliza. "Pelaksanaan Perkembangan Bahasa pada Balita di Taman Penitipan Anak Twin Course Pasaman Barat (Implementation Of Language Development In Children In Day Care Twin Course West Pasaman)." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.1 (2021): 647-650.

Sujana, I. Wayan Cong. "Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia." Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4.1 (2019): 29-39.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 6.

Yudha, Redi Indra. "Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Jaya Abadi Sumber Pasifik Kota Jambi." Manajemen dan Kewirausahaan 9.2 (2018): 24-35.

Yusuf, Munir. "Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik." Didaktika: Jurnal Kependidikan 8.1 (2019): 9-16.

Zagoto, Maria Magdalena, Nevi Yarni, and Oskah Dakhi. "Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 2.2 (2019): 259-265.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Revita Yanuarsari, Dianti Yunia Sari, & Iim Nurjanah. (2022). KINERJA GURU PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 245–252. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.595

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.