PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, DAYA TARIK IKLAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI UNIVERSITAS MAYJEN SUNGKONO MOJOKERTO)

Authors

  • Avifah Nihmatus Solikhah STIE AL-ANWAR MOJOKERTO
  • Indra Krishernawan STIE AL-ANWAR MOJOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v2i2.220

Keywords:

Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Abstract

Rapid technological advancements, coupled with the establishment of e-commerce businesses in Indonesia, resulted in the emergence of a new marketing phenomenon or event, namely online marketing. The primary goal of this research was to ascertain the effect of advertising appeal, celebrity endorser, and online word of mouth on Shopee e-commerce purchase decisions (Shopee e-commerce user case study, Mojokerto, Mayjen Sungkono University).Non-probability sampling and target sampling are two sampling techniques. Mayjen Sungkono Mojokerto, a college student who used Shopee, participated in the study by providing 100 responses. To collect data, Likert surveys were used. Multiple linear model was used to assess the data in this study, as well as a rability test, a validity test a hypotesis test, and a classical hypothesis test. According to the test results, celebrity speakers, advertising attractiveness, and e-WOM all have a statistically significant positive effect on variable purchase decisions. Simultaneous regression analysis (test f) demonstrates that all examined uncorrelated (free) variables have a statistically significant impact on correlated (bound) purchase decisions.

References

Ambassador, P. B., Discount, D. A. N. P., Minat, T., Di, B., & Tokopedia, A. (2021). THE EFFECT OF BRAND AMBASSADOR , TRUST AND PRICE. 6(2), 98–112.

Amrullah, M. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Elektronic Word of Mouth terhadap Pembelian Pada Pengguna E-Commerce Shopee di Indonesia. ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 2(1), 1–5. https://doi.org/10.29303/alexandria.v2i1.28

Com, B., Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE. 03(01), 96–106.

Dwiparasayu, A. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Donasi. 2021, 657–664. http://repository.ub.ac.id/13146/1/Auliarachmah Dwiparasayu.pdf

Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2691–2700.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782

Iklan, P., Frekuensi, D. A. N., & Iklan, P. (2019). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas. 2(April), 95–101.

Ikmal, Meida. 2019. "Pengaruh Celebrity Endorse Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Merek Vivo Di SMK Negeri 1 Jatirejo". Skripsi. Mojokerto: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar.

Jacob, A. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Mandagie, Y. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 988–997.

Khafidatul, I., & Indra, K. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Marketplace Shopee di Mojekerto. Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. http://www.maker.ac.id/index.php/maker

Kristiawan, T. A., & Keni, K. (n.d.). Pengaruh packaging, social media marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian busana brand lokal 1). 15(2), 244–256.

Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Indomie. Economicus, 15(2), 101–111.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: ALFABETA.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Nikmawanti. (2019). Jurnal Humaniora. Jurnal Humaniora, 4(2), 244–255.

Nopita, Luciana. 2020. "Analisis Pengaruh Promosi,Disverivikasi Produk Dan Celebrity Endorse Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Pada Mahasiswi STIKES Dian Husada Mojokerto)". Skripsi. Mojokerto: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar.

Nugroho, I. D., & Sarah, S. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek Maliqa). Jurnal Indonesia Membangun, 20(1), 113–126.

Oktavianti, R. (n.d.). Pengaruh Daya Tarik Iklan E-commerce Terhadap Brand Trust Konsumen ( Survei Terhadap Penonton Iklan Tokopedia # MulaiAjaDulu di Youtube ). 316–323.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia. Mbia, 20(1), 40–50. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i1.1271

Riyanto, K. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Desain Website Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada tiket.com Di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 42–47. https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jpi/article/view/803/550

Sam, U., & Manado, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. 8(1), 44–54.

Widyana, N. A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2019). Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 91. https://doi.org/10.32832/manager.v2i1.1868

YUNITA, N. R., SUMARSONO, H., & FARIDA, U. (2019). PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Avifah Nihmatus Solikhah, & Indra Krishernawan. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, DAYA TARIK IKLAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI UNIVERSITAS MAYJEN SUNGKONO MOJOKERTO). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 154–166. https://doi.org/10.55606/jaem.v2i2.220

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.