PERANAN PRINSIP KONSISTENSI DALAM METODE PENGAKUAN PENDAPATAN TERHADAP LAPORAN LABA RUGI PADA PT. INDO ZINC DIECASTING DI GRESIK

Authors

  • Sutopo Sutopo Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Enny Istanti Universitas Bhayangkara Surabaya
  • Moch Rachmandany Firmansyah FEB Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jaem.v1i3.33

Keywords:

Prinsip Konsistensi, Metode Pengakuan Pendapatan, Laporan Laba Rugi

Abstract

Perusahaan merupakan  bagian dari dunia usaha yang mempunyai tujuan atau sasaran yang ingin dicapai. Baik itu tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sedangkan dalam penelitian ini metode yang adalah  metode kualitatif. Hasil ada  pengaruh laba bersih karena adanya pendapatan dan biaya yang belum tercatat. Dari pembuktian dapat diketahui bahwa dengan metode pengakuan pendapatan dan biaya pada saat penjualan dan penyesuaian atas pendapatan dan biaya yang belum diakui akan dapat disajikan secara wajar dalam laporan keuangan. Kesimpulan 1) Kebijaksanaan penjualan yang dilaksanakan perusahaan adalah penjualan tunai dan penjualan kredit , PT. Indo Zinc Diecasting menetapkan kebijaksanaan terhadap pengakuan pendapatan yaitu pada saat penjualan dan pembayaran diterima sehingga pada transaksi penjualan yang tidak dicatat pada saat terjadinya transaksi, pengakuan pendapatan yang dilakukan perusahaan menggambarkan prinsip konsistensi. 2) Kegagalan perusahaan menetapkan metode saat penjualan untuk mengakui pendapatan terhadap seluruh transaksi penjualan , menyebabkan terjadinya pencatatan yang terlalu rendah akibatnya saldo perkiraan pendapatan pada laporan laba rugi akan terlalu rendah pula. 3) Penerapan metode pengakuan pendapatan secara konsisten dalam perusahaan sudah layak dengan ketentuan  Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan  (PSAK)

References

E. Istanti, “EVALUASI PROSEDUR PENGENDALIAN INTERN ATAS PIUTANG USAHA PADA PT SPS (DEPO GEDANGAN),” akuntansi’45, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/akuntansi45/article/view/64.

E. I. RM. Bramastyo KN1), “PENGARUH PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 23TAHUN 2018TERHADAP KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAKUSAHA MIKRO KECIL MENENGAH,” Akunt. 45, vol. 1, no. 2, pp. 68–74, 2020, [Online]. Available: https://univ45sby.ac.id/ejournal/index.php/akuntansi45/article/view/96/80.

E. Istanti, B. K. Negoro, and A. D. GS, “Analysis of Factors Affecting Income Distribution Inequality in Indonesia 2009-2013 Period,” (International J. Entrep. Bus. Dev., vol. 4, no. 02, pp. 157–163, 2021.

E. Istanti, 1), R. B. K. Negoro, and 2), “ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DAN INDIKATOR KEBANGKRUTAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN SERTA KELANGSUNGAN PADA PT BAYU BUANA Tbk,” Akunt. 45, vol. 2, no. 2, pp. 53–59, 2021.

Z. Baridwan, Sistem Informasi Akuntansi., Cetakan Ke. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2015.

Mursyidi, Akuntamsi Pemerintahan di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.

Hery, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2016.

I. Fahmi, Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: ALFABETA, CV, 2016.

A. R. Belkaoui, Accounting Theory, Edisi Keem. Jakarta: Salemba Empat, 2012.

S. V. S. Hans Kartikahadi, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, Akuntansi Keuangan berdasarkan SAK berbasis IFRS. Jakarta: Salemba Empat, 2012.

S. S. Harahap, Analisis Kritis Laporan Keuangan. Jakata: PT Raja. Grafindo Persada, 2016.

Hery, Mengenal dan Memahami dasar dasar laporan keuangan. Jakarta: PT Grasindo., 2016.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Sutopo Sutopo, Enny Istanti, & Moch Rachmandany Firmansyah. (2021). PERANAN PRINSIP KONSISTENSI DALAM METODE PENGAKUAN PENDAPATAN TERHADAP LAPORAN LABA RUGI PADA PT. INDO ZINC DIECASTING DI GRESIK. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 83–92. https://doi.org/10.55606/jaem.v1i3.33

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.