Manajemen Perubahan Dalam Prinsip Manajemen Pendidikan Islam

Authors

  • Febrianty Tri Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Nuri Aslami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1760

Keywords:

Manajemen Perubahan, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dan prinsip-prinsip manajemen perubahan dalam perspektif pendidikan Islam. Manajemen perubahan merupakan aspek penting dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman, khususnya dalam dunia pendidikan. Pendidikan Islam sebagai sistem pendidikan yang berlandaskan ajaran agama Islam memiliki peran strategis dalam membentuk generasi yang berkualitas, berakhlak mulia, dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literatur dan analisis teoritis. Melalui tinjauan mendalam terhadap literatur terkait, konsep dan prinsip-prinsip manajemen perubahan yang sesuai dengan konteks pendidikan Islam diidentifikasi. Dalam penelitian ini, data akan dikumpulkan melalui studi literatur yang mencakup buku, jurnal, artikel, dan sumber-sumber terpercaya lainnya yang berkaitan dengan manajemen perubahan dalam perspektif pendidikan Islam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi literatur, dan analisis teoritis, penelitian ini mengidentifikasi konsep dan prinsip-prinsip manajemen perubahan yang sesuai dengan konteks pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan Islam yang lebih dinamis, relevan, dan islami.

References

Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).

Darwisyah, D., Rohcbani, I. T. N., Desvitasari, D., Armawati, A., & Maisah, M. (2020). Manajemen Strategi Perubahan Lembaga Pendidikan Islam Pada Pascasarjana UIN STS JAMBI. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(2), 223-232.

Fakhruddin, A. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Konteks Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(2), 199-212.

Hani Handoko, 1984 Manajemen Yogyakarta: BPFE

Harahap, E. P. S., & Aslami, N. (2022). Strategi Manajemen Perubahan dalam Membangun Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 2440-2447.

Jaya, S. (2021). Manajemen Perubahan di Sekolah. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(2), 82–94. http://pusdikra- publishing.com/index.php/jrss/article/view/152

Mamduh M.Hanafi, 1997 Manajemen Jogjakarta: UUP AMP YKPN

Muis, M. A., Hussin, Z. H., & Mohamed, B. A. (2010). Perubahan Generasi dan

Nasional Resilience (SNAR 2010) “Political Managements and Policies in Malaysia.”

Perkembangan Demokrasi di Malaysia Pasca Pilihan Raya Umum ke-12. Seminar on

Sagala, Syaiful.. 2005 Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Suwatah, S. (2017). Prinsip-prinsip manajemen Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 1-12.

Widodo, H. 2017. Manajemen Perubahan Budaya Sekolah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 287–306. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-05.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Febrianty Tri Andini, & Nuri Aslami. (2023). Manajemen Perubahan Dalam Prinsip Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 21–34. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1760

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.