PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT ELLA ORGANIC SKIN CARE CABANG SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.525Keywords:
marketing mix, dan keputusan pembelian.Abstract
Tujuan dari penelitian ini: 1). Untuk mengetahui apakah produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 2). Untuk mengetahui apakah harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 3). Untuk mengetahui apakah tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 4). Untuk mengetahui apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang yang pernah dan sedang, melakukan pembelian suatu produk barang maupun jasa perawatan berjumlah 12.428 pada tahun 2020. Penelitian dilakukan secara nonprobability sampling, dengan menggunakan teknik accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 2). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 3). Tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 4). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang.
References
Andika, A., Susanti, F. (2016). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan
Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Firmansyah, A., Mahardika, B.W. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya. Jurnal Balance, 2, 18–27.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang. Ismawati, E. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra.
Yogyakarta: Ombak.
Kotler, P., Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Setiawan, W., Sugiharto, S. (2014). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan
Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Manajemen
Pemasaran, 1.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D.
Bandung: CV Alfabeta.
Suhartini, Said, S. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Di Kota Makassar. Center of Economic Student Journal, 2, 38–47.
Sukotjo, H., Radix, S.A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2, 216–228.
Supramono, Haryanto. (2003). Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.