PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT ELLA ORGANIC SKIN CARE CABANG SEMARANG

Authors

  • Kusmanto Kusmanto Institut Teknologi dan Bisnis Semarang
  • Rizki Febriana Institut Teknologi dan Bisnis Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.525

Keywords:

marketing mix, dan keputusan pembelian.

Abstract

Tujuan   dari   penelitian   ini:   1).   Untuk   mengetahui   apakah   produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care  Cabang  Semarang.  2).  Untuk  mengetahui  apakah  harga  berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 3). Untuk mengetahui apakah tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 4). Untuk mengetahui   apakah   promosi   berpengaruh   terhadap   keputusan   pembelian konsumen di PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang yang pernah dan sedang, melakukan pembelian suatu produk barang maupun jasa perawatan berjumlah 12.428 pada tahun 2020. Penelitian dilakukan secara nonprobability sampling, dengan menggunakan teknik accidental sampling, diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 2). Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 3). Tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang. 4). Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen PT Ella Organic Skin Care Cabang Semarang.

References

Andika, A., Susanti, F. (2016). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan

Pembelian Parfum Di Azzwars Parfum Lubeg Padang.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Firmansyah, A., Mahardika, B.W. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya. Jurnal Balance, 2, 18–27.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang. Ismawati, E. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa & Sastra.

Yogyakarta: Ombak.

Kotler, P., Keller, K.L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Setiawan, W., Sugiharto, S. (2014). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan

Pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Manajemen

Pemasaran, 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D.

Bandung: CV Alfabeta.

Suhartini, Said, S. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Di Kota Makassar. Center of Economic Student Journal, 2, 38–47.

Sukotjo, H., Radix, S.A. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 2, 216–228.

Supramono, Haryanto. (2003). Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2021-11-19

How to Cite

Kusmanto Kusmanto, & Rizki Febriana. (2021). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT ELLA ORGANIC SKIN CARE CABANG SEMARANG. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 86–97. https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.525

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.