PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN TAMU DI RESTO BALE BANYU JEPARA

Authors

  • Galuh Aditya ITB Semarang
  • Henry Yuliamir STIEPARI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.67

Keywords:

kualitas pelayanan, fasilitas, kepuasan tamu

Abstract

Penilitian  ini dilakukan  pada  Resto  Bale  Banyu  Jepara  yang  bertujuan  untuk  menganalisis  dan  menjelaskan  pengaruh  kualitas  pelayanan  dan  fasilitas  terhadap  kepuasan  tamu yang  mana  mengalami kondisi  kurang  baik  meliputi  pelayanan yang  kurang  ramah  dan  fasilitas  yang masih  kurang  memadai. Data  penelitian  di peroleh  melalui  kuesioner  dan  wawancara. Sampel  yang  digunakan  dalam  penelitian  sebanyak  75  responden. Hasil  penelitian  diharapkan  dapat  memberikan  informasi  yang  berguna  bagi  pihak  resto  maupun  kepuasan  tamu. Data yang  di peroleh  diolah  deskriptif dan analisis  statistik  kuantitatif. Analisis kuantitatif  menggunakan  analisis  berganda untuk  mengetahui  pengaruh  variabel  independent  terhadap  dependent, uji  model, uji  hipotesis, dan  namun  sebelum  dilakukan  uji  tersebut  dilakukan  dahulu  uji  validitas  dan  uji  reliabilitas. Hasil  analisis  regresi  menunjukkan  bahwa  peningkatan  kualitas  pelayanan  dan  fasilitas  terhadap  kepuasan  tamu. Maka  hasil  uji  analisis  regresi  berganda  menunjukkan  nilai F yang  signifikan. dengan  nilai korelasi  determinasi  adjusted  R2  square  sebesar  0,601. Hal  ini  menunjukkan  bahwa  semua  kualitas  pelayanan   dan  fasilitas mempengaruhi  secara  nyata terhadap  kepuasan tamu  secara  bersama-sama  dengan  keeratan  hubungan  sebesar  60,1%. Hal  ini  menunjukkan  bahwa  meningkatkan  kepuasan  tamu   perlu adanya  peningkatan  seluruh  pelayanan  yang  kompetitif  dan  fasilitas  yang  baik  dan  nyaman.

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Galuh Aditya, & Henry Yuliamir. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN TAMU DI RESTO BALE BANYU JEPARA. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 35–43. https://doi.org/10.55606/jimek.v1i3.67

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.