Potensi Kampung Wisata Berbasis Kerajinan Daur Ulang Sampah Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah RW 03 Kelurahan Banjar Sugihan

Authors

  • Mochammad Reizza Al Ariyah Universitas Airlangga Surabaya
  • Bambang Kusumo Dwicahyo Universitas Airlangga Surabaya
  • Ragil Gilang Maulani Universitas Airlangga Surabaya
  • Liwaul Muniroh Universitas Airlangga Surabaya
  • Pricillia Catur Rizkyna Universitas Airlangga Surabaya
  • Anguri Nasywa Pratista Universitas Airlangga Surabaya
  • Aura Nur A’isyah Universitas Airlangga Surabaya
  • Fara Arenda Universitas Airlangga Surabaya
  • Ahmad Fathoni Universitas Airlangga Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.2103

Keywords:

Sampah Anorganik, Pariwisata, Kerajinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi kreatif dari kerajinan daur ulang sampah sebagai daya tarik wisata dan mengukur potensi dari pengembangan kampung wisata yang berfokus pada kerajinan daur ulang sampah,  menganalisis bagaimana pemberdayaan masyarakat di Wilayah RW 03 Kelurahan Banjar Sugihan yang berkontribusi pada pengembangan inisiatif tersebut. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dimana data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan tinjauan literatur. Komunitas di RT 05 telah mengambil langkah inovatif dengan tujuan meningkatkan efektivitas pemanfaatan sumber daya melalui pengelolaan sampah anorganik. Sampah yang didaur ulang dijadikan berbagai bentuk kerajinan tangan. Pemanfaatan kreatif ini tidak hanya memberikan dampak positif pada lingkungan, tetapi juga membuka potensi luar biasa untuk mendorong dalam pembangunan sektor pariwisata

References

Alamsyah, Muhammad F. & Rahaju, Tjijik. 2022. “Pengembangan Kampung Kreasi Ekowisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Kampung Kreasi Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik)”. Publika, 10(2), 585-593.

Creswell, J. W. 2016. “Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, Deviliana Sekar Kusuma. 2019. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Jayengan Kampoeng Permata sebagai Kampung Wisata Industri Kreatif”. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif , 14, 37-51. Surakarta: Region.

Hall, C. M., & Lew, A. A. (Eds.). 2009. Understanding and Managing Tourism Impacts: An Integrated Approach. Routledge.

Jamil, Imran & Nugroho, Waskito. 2023. “Model CSR Pengembangan Pariwisata Berbasis Potensi Lokal Pada Program Kampung Wisata Tenun Khatulistiwa Pontianak”. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 230-243.

Karuniastuti, N. 2013. “Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan Dan Lingkungan”. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas 3 (1).

Kementrian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. Sustainable Development Goals.

Downloads

Published

2023-08-18

How to Cite

Mochammad Reizza Al Ariyah, Bambang Kusumo Dwicahyo, Ragil Gilang Maulani, Liwaul Muniroh, Pricillia Catur Rizkyna, Anguri Nasywa Pratista, … Ahmad Fathoni. (2023). Potensi Kampung Wisata Berbasis Kerajinan Daur Ulang Sampah Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Wilayah RW 03 Kelurahan Banjar Sugihan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 149–158. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.2103

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.