PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS PADA BIDANG WIRAUSAHA SOSIAL MELALUI WARUNG MIEBOWL DI KOTA TANGERANG

EMPOWERMENT OF PEOPLE WITH DISABILITIES IN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP THROUGH MIEBOWL STOP IN TANGERANG CITY

Authors

  • Siti Bunga Nurjanah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Novinda Serikandi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nida Handayani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i1.232

Keywords:

Pemberdayaan, Disabilitas, Wirausaha

Abstract

Pada umumnya penyandang disabilitas sering kali dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Mereka dianggap sebagai sosok yang lemah atau kurang beruntung. Keterbatasan yang dimiliki oleh penyandang disabilitas berdampak pada kemampuan berpatisipasi ditengah masyarakat dan mengalami kesulitan saat mengakses pendidikan ataupun layanan publik lainnya. Kondisi tersebut menimbulkan kesenjangan atau permasalahan sosial di Kota Tangerang. Terkait dengan jumlah penyandang disabilitas di Kota Tangerang yang terbilang tidak sedikit. Hal ini dibuktikan dari data terpilah Badan Pusat Statistik Kota Tangerang yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah penyandang disabilitas, yaitu tahun 2017 berjumlah 29. 750 orang dan pada tahun 2018 meningkat menjadi 3.580 orang. Meninjau permasalahan tersebut, pemberdayaan penyandang disabilitas pada bidang wirausaha sosial melalui warung miebowl ini hadir guna memberikan kesempatan kepada para penyandang disabilitas untuk berkembang sesuai dengan minat bakat yang dimiliki. Warung ini serupa dengan Warmindo, namun pelayanannya bersifat self-service sehingga hal ini dapat memudahkan penyandang disabilitas dalam melayani pelanggan. Konsep dari warung ini, pelanggan dapat memilih dan mengambil sendiri mie, topping dan minuman yang mereka inginkan. Kemudian, pelanggan menuju kasir untuk memberikan pesanan dan membayarnya. Pesanan yang diberikan kepada pelayan lalu akan dimasak, dibuat dan kemudian diberikan kepada pelanggan.

References

Alicia, N. (2019). IImplementasi UndangUndang Penyandang Disabilitas oleh Tangerang Ekspres (Doctoral dissertation, Universitas Multimedia Nusantara)

Anwas, M Oos. 2014. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabet Mardikanto, Totok & Soebiato poerwoko. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Persepektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta https://dmsppid.bantenprov.go.id/upload

/dms/16 /data-terpilah-seluruh-opd (diakses pada tanggal 6 februari 2022)

Awaru, A. O. T., Sartika, D., Banna, J., Muhlisah, N., & Wahyuni, A. (2021). Efektivitas Pemberdayaan pada

Penyandang Disabilitas oleh Binaan Dekranasda Gowa Kecamatan Bontolempangan. JurnalSimki Economic, 4(1), 23-34.

Dhairyya, A. P., & Herawati, E. (2019). Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi pada Kelompok Penyandang Disabilitas Fisik di Kota Bandung. Umbara, 4(1), 53-65.

Majid, N. (2019). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Program Kewirausahaan Budidaya Burung Puyuh (Studi Di Yayasan Difabel Mandiri Indonesia) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN). Nainggolan, T. (2017).

DINAMIKA PSIKOLOGIS PEMENUHAN KEBUTUHAN PENYANDANG DISABILITAS AKIBAT KUSTA DAN IMPLIKASI KESEJAHTERAAN SOSIALNYA. STUDI KASUS DI KOMPLEKS RUMAH SAKIT SITANALA TANGERANG. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 6(3), 235-255.

Rizqia, A. N., & Purnaweni, H. (2021). PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABLITAS DIKOTA TANGERANG SELATAN. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3), 332-342.

Rizqia, A. N., & Purnaweni, H. (2021). PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABLITAS DIKOTA TANGERANG SELATAN. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3), 332-342

Suhaedi, H.S. dkk., (ed.). 2017. Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kota Serang Tentang Penyandang Disabilitas Tahun 2017. Serang: LP2M UIN SMH Banten

Tampubolon, I. A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Penyandang Disabilitas Dalam Mendapatkan Pekerjaan Yang Layak (Studi Kasus di PT. Deaf Cafefingertalk Tangerang). Jurnal Pionir, 5(3)

Elwan, M., & Ode, L. (2019). Problem Birokrasi Dalam Meningkatan Pelayanan Publik Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Muna. Journal Publicuho, 2(2), 31-42.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Siti Bunga Nurjanah, Novinda Serikandi, & Nida Handayani. (2022). PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS PADA BIDANG WIRAUSAHA SOSIAL MELALUI WARUNG MIEBOWL DI KOTA TANGERANG: EMPOWERMENT OF PEOPLE WITH DISABILITIES IN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP THROUGH MIEBOWL STOP IN TANGERANG CITY. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 2(1), 112–119. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v2i1.232

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.