Keefektifan Media Pembelajaran Kartu Pintar Domino Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD Negeri Sidareja 01

Authors

  • Santi Octavia STKIP Darussalam Cilacap
  • M. Ilham Rahmani Riyadi STKIP Darussalam Cilacap
  • Fitrian Prila Wardani STKIP Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1306

Keywords:

Media Kartu Pintar Domino, motivasi, hasil belajar, pecahan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kartu pintar domino terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas V pada materi pecahan di SD Negeri Sidareja 01. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Sidareja 01.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Sidareja 01 kelas VA dan VB yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t (t- test).

Hasil penelitian ini diolah menggunakan SPSS dengan nilai uji t hitung pada hasil belajar 2,452 sedangkan t tabel pada taraf 0,05 menunjukkan angka sebesar 1,680. [email protected] Sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh uji t hitung 5,747 sedangkan t tabel pada taraf 0,05 menunjukkan angka sebesar 1,680. Maka hasil tersebut menyatakan bahwa media” kartu pintar domino” memberikan perbedaan pengaruh terhadap hasil dan motivasi belajar siswa, karena t hitung > t tabel. Berdasarkan hasil tersebut maka untuk hipotesis yang diajukan media “kartu pintar domino” efektif terhadap hasil dan motivasi belajar kelas V pada materi pecahan di SD Negeri Sidareja 01 Tahun Pelajaran 2019/2020 diterima dengan baik.

References

Abqari FT, Irawan EB, dan Sa’dijah C.(2018). Media Permainan

Kartu Domino untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV, Jurnal Penidikan : Teori, Penelitian,dan Pengembanga 3 (9)1190-1199.

Amir, Almira. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif, Forum Paedagogik, 6 (1) 72-89.

Aprinawati, Iis. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilanngan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD, Jurnal Pelangi, 9 (2) 123-134.

Arsyad,Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Fairosa, Sundus, dkk. (2018). Pengembangan Media Perrmainan Matematika Berbasis Kartu domino pada Materi Eksponen, Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2) 51-63.

Fauziah A, Rosnaningsih A, Azhar S (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang, Jurnal JPSD, 4 (1) 47-53.

Fuadi, Rahmi, dkk. (2016). Peningkatan kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Melalui Pendekatan Konstektual, Jurnal Didaktika Matematika, 3 (1) 47-54. Melalui Pendekatan Konstektual, Jurnal Didaktika Matematika, 3 (1) 47-54.

Hardi, Mikan, Ngadiyono (2009). Pandai Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah kelas V. CV. HaKa MJ: Jakarta.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematiak Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, (1) 30-42

Edizon dan Helma. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa untuk Penerapan Bahan Ajar KontekstualMengintegrasikan Pengetahuan Terkait dan Realistik, Jurnal Eksakta Pendidikan, 1 (1) 86-92.

Indriani, Ari. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestas Belajar Matematika di SD Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2) 134-139.

Irfan, Muhammad. (2017). Bentuk a sebagai pecahan, pembagian atau perbandingan?/jurnal JPEM,3 (1)45-50

b

Komariah, I dan Sundayana, R2017).Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Domat.Jurnal “Mosharafa”, 3 (6) 323-331.

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran.Jurnal Pemikiran Islam. 37 (1) 27-33.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. GP Press Group: Jakarta.

Nurfitriyanti M, Witri.(2016). Penggunaan Alat Perraga Kartu domino terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal JKPM, 1 (2) 247-256.

Permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013

Prafitriyani, Siami, Dassa A. (2016). Exploration of Procedural Knowledge in Solving Arithmetic Operation in Fraction of Grade XI Students at SMAN 17 in Makasar, Jurnal Daya Matematis, 4 (2) 101-118.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Raresik KA, Dibia IK, dan Widiana IW. (2016). Analisis- Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Gugus VI, e- Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4 (1) 1-11

Robiyanto. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Alat Peraga Persegi Pecahan, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17 (5) 1678-1686.

Rohmah NL. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Media Kartu domino Angka terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika siswa SMP Negeri 5 Kertosono pda materi Bilangan Pecahan.

Rosdiati. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3 (2) 315-321.

Rosyid, Abdur. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu domino untuk Memotivasi Santri di Masjid Al Muhajirin Banyuajuh dalam Mengerjakan Soal Matematika, APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3 (2) 26-30.

Rukmana, W. (2016).Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Rme Berbantu Alat Peraga Manipulatif Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Pesurungan Lor 1Kota Tegal. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Sabrina R, Fauzi, dan Yamin M. (2017). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (4) 108-118.

Sardiman. (2016). Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta

Setiadi, Hari. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013, Jurrnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20 (2) 166-178.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, RE. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks: Jakarta.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogia: Yogyakarta.

Sunah, Buwono S, dan Uliyanti E.(2012). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan Metode Diskusi.

Sundayana, Rostina. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran.Jurnal Islamik Counseling. (1) 1-26

Suyati. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Perkalian dengan Metode Bermain Kartu, Jurnal Paradigma, 2 (1) 2406-9787.

Directory.umm.ac.id. diakses tanggal 29 Juli 2019

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Santi Octavia, M. Ilham Rahmani Riyadi, & Fitrian Prila Wardani. (2021). Keefektifan Media Pembelajaran Kartu Pintar Domino Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SD Negeri Sidareja 01. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 30–39. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1306

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.