Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik

Authors

  • Kholifah Al Marah Hafidzhoh Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Nisa Nadia Madani Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Zahra Aulia Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1142

Keywords:

Pembelajaran Bermakna, Tematik, Model, Peserta Didik

Abstract

Pembelajaran bermakna merupakan proses pembelajaran dimana informasi baru dihubungkan dengan stuktur pengertian yang dimiliki seseorang dalam proses pembelajaran, Maksudnya pembelajaran bermakna terjadi apabila peserta didik mencoba menghubungkan fenomena baru dengan pengatahuan yang ia miliki, serta dikaitkan dengan pelajaran sehingga memunculkan konsep-konsep baru.  Pengkajian Model Meaningful Learning pada pembelajaran tematik ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang bermakna dalam penerapan pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Metode kepustakaan yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, informasi yang terdapat dalam kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan mengkaji Konsep Model Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) pada pembelajaran tematik. Dalam Model Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat menghasilkan pembelajaran bermakna, yaitu model pembelajaran peta konsep, model pembelajaran advance organizer, dan model pembelajaran kontekstual.       

 

References

Abdul Rahman Tibahary, M. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 54-64.

Azizah, F. N. (2020). Strategi Meaningfull Lerning dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Isam di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal of Islamic Education Research, 215-224.

Burhanuddin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 022 Jaya Mukti Kota Dumai. Jurnal PAJAR, 395-399.

Dewi Apriliantika, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Bantuan Mind Mapping Terhadap Motivasi Dan Daya Ingat Siswa. Natural Science Education Reseach, 48-58.

Donas Ahmad Najib, E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang . JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 19-28.

Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif (Model Pembelajaran Mata Pelajaran Umum SD/MI Dengan Nilai Agama). Elementary, 303-355.

Rahma, N. (2013). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khawarizmi, 43-48.

Tarmidzi. (2018). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 131-139.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Kholifah Al Marah Hafidzhoh, Nisa Nadia Madani, Zahra Aulia, & Dede Setiabudi. (2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 390–397. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1142

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.