Pemanfaatan Aplikasi Mathway

Systematic Literature Review

Authors

  • Milda Zohra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yahfizham Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i3.3068

Keywords:

Applications, Learning Motivation, Mathematics Learning

Abstract

This research aims to analyze meta data related to the use of the Mathway application by looking at research objectives that relate to the use of the Mathway application. This research uses the SLR (Systematic Literature Review) method. This systematic review identified 8 articles through the Google Scholar database published in 2018-2023. Data collection used the PRISMA procedure. The results of this research show that there are 3 research objectives related to the use of applications in mathematics learning, namely, 1) To find out how important the influence of technology is on mathematics learning for educators and students, 2) To find out how useful an application is in mathematics learning for educators and students, 2) To find out how useful an application is in mathematics learning for educators and students, and 3) To determine learning outcomes based on student interest and learning motivation.

References

Agustin, P. R., & Yuliastuti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(2), 63–70.

Akbar Apriadi, M., dkk. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sebelum dan Sesudah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu, 4(1), 133-144.

Anggraini, A., & Asrul. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT. Euclid, 10(4).

Anggraini, Y., & Sunaryantiningsih, I. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Aplikasi Symbolab dengan Metode Konvensional pada Mahasiswa Teknik Elektro. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1).

Azizah, A.N., & Putranto, S. (2023). Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2).

Basya, Y. F., Rifa’i, A. F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9.

Dewi, E. G. A., Paramitha, A. A. I. I., Putri, I. Gst. A. P. D., & Januar, F. D. N. Q. (2022). Pemanfaatan Platform Edpuzzle dalam Pembelajaran Matematika. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 113–122.

Hadi, S.T., H. K., & Palupi, M. (2020). SYSTEMATIC REVIEW: Meta Analisis Untuk Riset Perilaku Organisasi. Viva Victory.

Indrawati, F., & Hartati, L. (2022). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5).

Indrawati, F., Hikmah, N., & Mailizar. (2021). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5).

Jamun, Y.M. (2016). “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 8(1).

Jamun, Y.M. (2016). “Desain Aplikasi Pembelajaran Peta NTT Berbasis Multimedia”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 8(1).

Munawar, Z., Herdiana, Y., & Suharya, Yaya. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 8(2).

Suripto, Fatmasari R., dan Purwantiningsih. “Penggunan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan”. Makalah disajikan dalam seminar Citizen Journalism dan Keterbukaan Informasi Publik untuk Semua, Jakarta, 16 April 2014.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tarigan, A.I., dkk. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Siswa SMA dengan Pemanfaatan Software GeoGebra. I-COM: Indonesian Community Journal, 2(2).

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G.W., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan SistemInformasidi Indonesia. IJIS: International Journal of Information System, 1(2).

Wirnoto, T., Ratnaningsih, N. (2022). Problematika Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Persepsi Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1).

Yuniarti, D.A.F., Kartika, D.L., & Prianggono, A. (2022). Analisis Minat Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Pada Mata Kuliah Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1).

Yurinanda, S., Rozi, S., & Multahadah, C. (2022). Pelatihan Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Memecahkan Masalah Matematika Pada MGMP Matematika Kabupaten Muaro Jambi. I-COM: Indonesian Community Journal, 2(2).

Published

2024-04-29

How to Cite

Milda Zohra, & Yahfizham Yahfizham. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Mathway: Systematic Literature Review. Student Scientific Creativity Journal, 2(3), 26–32. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i3.3068

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.