PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK SMP

Pengembangan Model Passing Atas, Bola Voli, Peserta Didik SMP

Authors

  • Jori Lahinda Universitas Musamus
  • Markus Fenanlampir Universitas Musamus
  • Pulung Riyanto Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.695

Keywords:

Pengembangan Model Passing Atas, Bola Voli, Peserta Didik SMP

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Pembelajaran Model Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Pada Peserta Didik SMP. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya pada materi bola voli. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian menghasilkan produk yang berupa model Pembelajaran Model Pembelajaran Passing Atas Peserta Didik SMP telah divalidasi dan direvisi oleh ahli sebanyak 19 model. Data dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini berupa buku Model Pembelajaran Passing Atas Pada Pesrta Didik SMP. tahap validasi pada Dosen bola voli memberikan tanggapan 1 model tidak layak dan 19 model dikatakan layak hasil presentase 95% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak, pada wasit Bola Voli memberikan tanggapan 1 model tidak layak dan 19 model dikatakan layak hasil presentase 95% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak, pada pelatih Bola Voli memberikan tanggapan 2 model tidak layak dan 18 model dikatakan layak hasil presentase 90% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak dan guru penjasorkes memberikan tanggapan 1 model tidak layak dan 19 model dikatakan layak hasil presentase 95% sehingga mempunyai tanggapan sangat layak. Uji skala kecil mendapatkan hasil 14,997 dan skala besar dengan hasil 16,598. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan Model Pembelajaran Passing Atas Pada Peserta Didik SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran bola voli di Sekolah Menengah Pertama. Model Pembelajaran Passing Atas Pada Peserta Didik SMP efektif dapat meningkatkan kemampuan passing atas bola voli pada peserta didik Sekolah Menegah Pertama. Model Pembelajaran Passing Atas Pada Peserta Didik SMP dapat memberikan kontribusi yang positif didalam menunjang pencapaian tujuan dalam pembelajaran PJOK di Sekolah Menengah Pertama, karena selain dapat meningkatkan kemampuan passing atas bola voli, peserta didik dapat termotivasi untuk melakukan suatu pembelajaran dengan bervariasi.

 

Kata Kunci: Pengembangan Model Passing Atas, Bola Voli, Peserta Didik SMP

References

J. Lahinda and P. Riyanto, “Cognitive Improvement Of Students Through Empowerment Of Physical Education Technology Based On Interactive Gysternal Learning Media: Peningkatan Kognitif Mahasiswa melalui Pemberdayaan Teknologi Pendidikan Jasmani Berbasis Media Pembelajaran Interaktif S,” J. Phys. Outdoor Educ., vol. 4, no. 2, pp. 195–204, 2022.

I. N. Dwianti, R. R. Julianti, and E. T. Rahayu, “Pengaruh Media PowerPoint dalam pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 675–680, 2021.

W. E. Widiyanto and K. Kamarudin, “(Peer Review+ Similarity+ Document) OPTIMALISASI KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI,” 2020.

S. Sulastri, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Melakukan Passing Bawah dengan Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli dengan Menggunakan Bola Gantung untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IV SDN 2 Ketandan Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2017/2018,” J. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 2, 2019.

A. Yudha Prawira, E. Prabowo, and F. Febrianto, “Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 2, pp. 300–308, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i2.995.

J. L. Syamsudin Syamsudin, “Upaya Peningkatan Gerak Dasar Langkah Lay-Up Melalui Penggunaan Metode Ban Berwarna,” Musamus J. Phys. Educ. Sport, vol. 2, no. 02, pp. 90–96, 2020.

J. Lahinda, “Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan Togok Belakang Dengan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Jump Service,” Musamus J. Phys. Educ. Sport, vol. 1, no. 1, 2019.

M. A. Syafruddin and H. Herman, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar,” Jendela Olahraga, vol. 5, no. 1, pp. 52–58, 2020.

B. Kurniawantias, E. Rahmawati, R. A. Bella, T. Rahayu, and U. Hanifa, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KODING (KORAN DINDING),” vol. 5, pp. 74–79, 2021.

A. Fitriani, “VOLLEY BALL PASSING LEARNING MODEL FOR STUDENTS AGE 11-12 YEARS,” Gladi J. Ilmu Keolahragaan, vol. 12, no. 02, pp. 93–101, 2021.

J. L. Pulung Riyanto, Heri Yusuf Muslihin, Hariani Fitrianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Game for Understanding Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani,” Musamus J. Phys. Educ. Sport, vol. 4, no. 01, pp. 1–8, 2021.

R. M. Aguss, “Pengembangan Model Permainan Sepatu Batok untuk PembelajaranSepak Bola Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SiswaSekolah Dasar,” Sport. J. Pendidik. Olahraga, vol. 1, no. 01, pp. 43–53, 2020.

R. E. Setiani, “Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini,” Insa. J. Pemikir. Altern. Kependidikan, vol. 18, no. 3, pp. 455–470, 2013.

H. Miftahul, “Model-model pengajaran dan Pembelajaran,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, vol. 49, 2013.

G. Istiningsih, E. M. Alawiyah, and E. Priharlina, “Pengembangan model pembelajaran ‘promister’ untuk meningkatkan hasil belajar wayang pandhawa pada siswa sekolah dasar,” J. Holistika, vol. 2, no. 2, pp. 94–103, 2018.

I. G. D. Utamayasa, Model-model pembelajaran pendidikan jasmani. Jakad Media Publishing, 2021.

M. Sidabutar, C. A. Budiningsih, and S. Suyantiningsih, “Model Pembelajaran yang Memerdekakan untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul,” Epistema, vol. 3, no. 1, pp. 18–26, 2022.

M. Amelia and A. Sumpena, “Pengaruh Model Pembelajaran Personal terhadap Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Bermain Futsal Siswa,” J. Pendidik. Jasm. Dan Olahraga, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2017.

D. Pawlik, A. Kawczyński, J. Chmura, K. Maćkała, M. Kutrzyński, and D. Mroczek, “Jumping Flying Distance and Jump Performance of Elite Male Volleyball Players at FIVB Volleyball Men’s World Championship,” Appl. Sci., vol. 10, no. 6, p. 2045, 2020.

E. Irwanto and R. Nuriawan, “Passing, Pengumpan Dan Serangan Pada Permainan Bolavoli,” no. 22, pp. 6–9, 2021.

T. A. Wulandari, R. Henjilito, and J. Sunardi, “Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia,” vol. 17, no. 1, pp. 10–18, 2021.

Aida Fitriani, “Model Pembelajaran Pasing Bola Voli Bagi Siswa Usia 11-12 Tahun,” 2021.

G. Giartama, H. Hartati, D. Destriani, and A. R. Victoriand, “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar,” Sebatik, vol. 22, no. 2, pp. 167–171, 2018.

F. F. Kurniawan, J. Tangkudung, I. Sulaiman, and J. Jufrianis, “Development Model Training Shooting based on Multiple Unit Offense for Basketball Athletes 16-18 Years of Age Groups,” Int. J. Multicult. Multireligious Underst., vol. 7, no. 8, pp. 351–357, 2020.

R. Rosdiana and I. G. Sukarya, “Pengaruh Faktor Interaksi Dalam Pembelajaran Kooperatif dan Penguasaan Bahasa Inggeris terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 15–26, 2012.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Lahinda, J., Markus Fenanlampir, & Pulung Riyanto. (2022). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK SMP: Pengembangan Model Passing Atas, Bola Voli, Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 291–305. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.695

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.