Kontribusi Self Efficacy Siswa Dalam Memahami Soal Cerita LKPD Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Kelas XI SMAN 2 Sintang

Authors

  • Rizki Yana Nanda Putri IKIP PGRI Pontianak
  • Yadi Ardiawan IKIP PGRI Pontianak
  • Utin Desy Susiaty IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1096

Keywords:

self efficacy, Memahami Soal Cerita, LKPD, Barisan dan Deret Aritmetika.

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan dapat mengetahui secara lebih cermat kontribusi self efficacy siswa dalam memahami soal cerita LKPD pada materi barisan dan  deret aritmetika. Bentuk penelitian yang akan diambil adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sintang. Peneliti mengambil 3 subjek sampel berdasarkan perolehan hasil tes memahami soal cerita barisan dan deret aritmetika yang diberikan kepada siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, pedoman wawancara, lembar validasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapat peserta didik dengan self efficacy siswa dalam  memahami soal cerita didominasi dengan kategori tinggi yaitu rata rata 7.42 dan persentase 82.43% dengan jumlah siswa 11 orang, sedangkan  untuk kategori sedang rata-rata 6.42 dan persentase 69.39% dengan jumlah siswa 9 orang dan kategori rendah rata-rata 37.2 dan persentasae 41.34% dengan jumlah siswa 10 orang.

 

 

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anis, M. Z. A., Putro, H. P. N., Susanto, H., & Hastuti, K. P. (2020). Historical Thinking Model in Achieving Cognitive Dimension of Indonesian History Learning. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 7894–7906.

Apertha, F. K. P., Zulkardi, M. Y., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

BAHARNADI, T. B. (2022). Pengaruh Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Vespa S 125 I-GET (Doctoral dissertation, STIE MALANGKUCECWARA).

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Depdiknas.

Manasikana, A. (2017). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis android pada materi jurnal penyesuaian dan jurnal koreksi untuk kelas XII akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Perss.

Roqib, M. (2011). Nurfuadi, Kepribadian Guru. Purwokerto.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201-212.

Saihu, S. (2019). Komunikasi Pendidik Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Khusus Asy-Syifa Larangan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 418–440.

Sari, P. P., Hasbi, M., & Umam, K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2).

Sudaryono, Rahayu, W., & Margono, G. (2013). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Graha Ilmu.

Sudjana Nana.(2016). Penilaian Hasil Proses Belajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D,. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Prof. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sujardewi, V. W. (2014). Metode Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press, 54–112.

Surono, K. A. (2017). Penanaman karakter dan rasa nasionalisme pada kegiatan ektrakurikuler pramuka di smp n 4 singorojo kabupaten kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1).

Trisnawati, M. R. (2021). Analisis Unsur Instrinsik Pada Novel Kita Terlalu Muda Untuk Jatuh Cinta Karya Aiu Ahra Hubungannya Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. EDUTAMA.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.

Wahyuddin, W. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148–160.

Widiasworo Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa diLuar

Kelas.Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Pustaka Belajar.

Yohanes, F. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling Dan Luas Segitiga Pada Siswa Kelas VIII C SMP NEGERI 1 Getasan Tahun Ajaran 2017/2018. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 23-35.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Media Perkasa.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Rizki Yana Nanda Putri, Yadi Ardiawan, & Utin Desy Susiaty. (2023). Kontribusi Self Efficacy Siswa Dalam Memahami Soal Cerita LKPD Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmetika Kelas XI SMAN 2 Sintang. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 187–200. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1096

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.