FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS GUNUNG BARINGIN KEC. PANYABUNGAN TIMUR MANDAILING NATAL TAHUN 2022

Authors

  • Kholidah Lubis STIKes Mitra Husada Medan
  • Parningotan Simanjuntak STIKes Mitra Husada Medan
  • Depi Juliani Manik STIKes Mitra Husada Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.662

Keywords:

Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, Budaya, Kunjungan Antenatal Care

Abstract

Penyebab kematian maternal dapat dibagi dalam beberapa masalah, antara lain masalah reproduksi, komplikasi obstetrik, pelayanan kesehatan, sosial ekonomi dan budaya dan sebagainya. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tingginya angka kematian ibu adalah sikap dan perilaku ibu itu sendiri selama hamil dan didukung oleh pengetahuan ibu terhadap kehamilannya. Beberapa faktor yang melatar belakangi resiko kematian ibu tersebut adalah kurangnya partisipasi masyarakat yang disebabkan tingkat pendidikan ibu rendah, kemampuan ekonomi keluarga rendah, kedudukan sosial budaya yang tidak mendukung (Saifuddin, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas gunung Baringin Kecamatan Panyubungan Timur Mandailing Natal Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, jumlah Populasi sebanyak 178 orang dan sampel yaitu 40 menggunakan metode teknik simple random sampling pada bulan April- Juni 2022. Analisis menggunakan uji Chi Square dengan p value < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian uji statistik Chi Square anatara hubungan pendidikan dengan kunjungan antenatal care memperoleh p=0.001. Hubungan pengetahaun dengan kunjungan antenatal care memperoleh p=0,000. Hubungan anatar sikap dengan kunjungan antenatal care memperoleh p=0,001. Dan hubungan budaya dengan kunjungan antenatal care memperoleh p=0,744. Terdapat Hubungan antara Pendidikan, Pengetahuan, Sikap dengan kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Gunung Beringin Kecamatan Panyubungan Timur Mandailing Natal. Diharapkan Diharapkan kepada tenaga kesehatan dapat memberikan promosi kesehatan tentang Kunjungan Antenatal Care agar dapat dilaksanakan

 

References

Arihta, S. 2018. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Ibu Hamil tentang Risiko Kehamilan terhadap Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan (ANC) di Wilayah Kerja Puskesmas Simalingkar Kecamatan Medan Tuntungan Medan. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Choli, 2017. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta

Dewi VNL & Sunarsih T. 2016. Asuhan Kehamilan Untuk Kebidanan. Salemba Medika, Jakarta.

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, 2019. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2018, Medan.

Fithriany. 2017. Pengaruh Karakteristik Ibu dan Dukungan Suami Terhadap Pemeriksaan Kehamilan di Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Kemenkes RI, 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan. Jakarta.

Manuaba. 2017. Ilmu Kebidanan, Kandungan dan KB. Jakarta : EGC

Manurung, Mutiara. 2015. Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Antenatal Care pada Ibu Hamil di Puskesmas Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padang Sidimpuan Tahun 2015. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Marmi dan Margiyati. 2018. Pengantar Psikologi Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Murniati, 2015. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Antenatal oleh Ibu Hamil di Kabupaten Aceh Tenggara. Tesis. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2017. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Rineka Cipta, Jakarta.

Prawirohardjo, S. 2017. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka.

Saifuddin, 2015. Buku Panduan Praktis Maternal dan Neonatal, Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Yeyeh, Ai. 2015. Asuhan Kehamilan I. Jakarta : Trans Info Medika

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Kholidah Lubis, Parningotan Simanjuntak, & Depi Juliani Manik. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS GUNUNG BARINGIN KEC. PANYABUNGAN TIMUR MANDAILING NATAL TAHUN 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(3), 29–38. https://doi.org/10.55606/jikki.v2i3.662

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.