Pengaruh Self-Expressive Value of Brand terhadap Purchase Intention melalui Brand Love

Authors

  • Helena Putri Prima Santi Priambodo Universitas Ma Chung
  • Fransiska Cicilia Irwanto Universitas Ma Chung
  • Erica Adriana Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1800

Keywords:

Kecintaan merek, Minat beli, ; Nilai ekspresi diri dari merek

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi mendorong semakin banyak pula perusahaan bermunculan dengan merek baru untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen. Suatu merek atau brand dapat dikatakan memiliki nilai ekspresi diri yang tinggi apabila dapat mendorong konsumen dalam mengekspresikan dirinya kepada orang lain. Brand yang dapat memenuhi kebutuhan dan mempermudah dalam mengekspresikan diri akan cenderung dicintai oleh konsumennya (Brand love). Dari adanya brand love ini lah yang pada akhirnya dapat mendorong konsumen untuk memiliki minat beli terhadap produk dari brand yang dicintainya. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui pengaruh self-expressive value of brand terhadap brand love. (2) Mengetahui pengaruh brand love terhadap purchase intention. (3) Mengetahui pengaruh Self-expressive value of brand terhadap purchase intention melalui brand love. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk mengulas pengaruh self-expressive value of brand terhadap purchase intention melalui brand love. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya pengaruh dari self-expressive value of brand terhadap purchase intention melalui brand love.

References

Arviana, Geofanni. N. (2021, Juni 11). Mendalami apa itu brand loyalty beserta cara meningkatkannya. Diakses pada 24 Mei 2023. Glints: https://glints.com/id/lowongan/brand-loyalty-adalah/#.ZHZCaXZBy5c

Angelika, Fiony dan Setiawan, Sandy. (2020, September). Pengaruh self-expressive Brand terhadap E-Loyalty dan E-WOM dengan Mediasi Brand Love pada E-Commerce Sociolla. Diakses pada 24 Mei 2023. Journal of Accounting and Business Studies: https://journal.ithb.ac.id/JABS/article/download/480/381

Aziz, Norzalita Abd., Ngah, Hafaz. (2019, April 30). The Effect of Self Expressive Value and Perceived Value on Malaysian Cosmetic Brand Loyalty: The Mediating Role of Brand Identification and Word of Mouth. Diakses pada 24 Mei 2023. Asia-Pacific Management Accounting Journal: https://ir.uitm.edu.my/29369/1/29369.pdf

Fajri, Dwi. L. (2022, Maret 7). 10 cara membangun personal branding dan contohnya, diakses pada 24 Mei 2023, dari https://katadata.co.id/agung/berita/62253a5385cb7/10-cara-membangun-personal-branding-dan-contohnya

Hermanto, Olivia Melisa., Jaolis, Ferry. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Hedonic Product dan Self-Expressive Value Terhadap Willingness to Pay a Premium dengan Brand Love pada Toko Ritel Zara. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol. 6, No. 1. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/8030

Melanie. (2021, Maret 29). Inovasi dan Pengembangan Produk Baru, Mengapa Itu Penting, diakses 26 Mei 2023, dari https://www.indonesiana.id/read/146342/inovasi-dan-pengembangan-produk-baru-mengapa-itu-penting

Melani, Agustina. (2023, Mei 17). War Tiket Presale BCA Antre hingga 500 ribu users, Sandiaga Uno sebut peconta Coldplay mohon bersabar ini ujian, diakses 31 Mei 2023, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/5289387/war-tiket-presale-bca-antre-hingga-500-ribu-users-sandiaga-uno-sebut-pencinta-coldplay-mohon-bersabar-ini-ujian

Naufal, Muhammad Hisyam., Maftukhah Ida. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love terhadap Purchase Intention Decision melalui Word of Mouth. Management Analysis Journal 6 (4). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/15121/9936

Octa, Agus. (2021, Agustus 6). Kepuasan pelanggan bag 3: 3 sentuhan faktor emosional. Diakses pada 24 Mei 2023 dari https://distribusipemasaran.com/faktor-emosional-kepuasan-pelanggan/

Octavilia, Della. (2022, July 11). Alasan pentingnya personal branding & cara membangun personal branding, diakses 24 Mei 2023 dari https://landx.id/blog/pentingnya-personal-branding-dan-cara-membangun-personal-branding/

Oliver, Andre. (2022, Januari 15). Apa itu brand? Yuk, pelajari arti, nilai binis, dan elemen-elemennya disini, diakses 24 Mei 2023, dari https://glints.com/id/lowongan/brand-adalah/#.ZHZB-XZBy5c

Riadi, Muchlisin. (2023, Februari 25). Purchase intention – pengertian, aspek, jenis dan indikator, diakses 26 Mei 2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2023/02/purchase-intention.html

Rofianto, Whony dan Wulandari, Betari. G. (2019). Faktor pembentuk brand love dan implikasi terhadap customer intention: studi pada konteks jasa Pendidikan tinggi. Diakses pada 24 Mei 2023. Jurnal Ekonomi Keuangan dna Manajemen: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI/article/view/6469/868

Samlaa. (2023, Maret 17). Studi Literatur: Pengertian, ciri-ciri, dan Teknik pengumpulan datanya, diakses 26 Mei 2023, dari https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Santoso, Abdi. (2019, November). Apa yang dimaksud dengan Purchase intention. Diakses pada 24 Mei 2023 dari https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-purchase-intention/121516

Silvia Agustina, Keni. (2019). Brand Image dan Self-Expressive untuk Memprediksi Word of Mouth: Brand Love sebagai Mediasi. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 1. http://dx.doi.org/10.24912/jmk.v1i1.2793

Sismy, Muliani. M., Nasution, Aulia. A., dan Syafii, Indra. (2022). Pengaruh Self Expressive Brand terhadap Brand Acceptance melalui Word of Mouth. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan: Vol. 1 No. 2, hal 160-173. http://dx.doi.org/10.55983/inov.v1i2.113

Tamanal, Florenzia. E. E., Fajarwati, Diana., dan Hadi, Dwi. P. (2022). Analisis Pengaruh Brand Management dan Brand Love terhadap Brand Equality dan Purchase Intention Handphone Merek Samsung. Sibatik Journal: Vol. 1 No. 12. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i12.426

Thabroni, Gamal. (2022, November 14). Fungsi Bahasa: Informasi, ekspresi diri, instrumental, interaksional, dll, diakses 24 Mei 2023, dari https://serupa.id/fungsi-bahasa-informasi-ekspresi-diri-instrumental-interaksional-dll/

Theodores, Tirza. N. Analisis pembentukan brand love pada konsumen online art merchandise (Studi kasus pada konsumen online art merchandise local merek jellipeach). Diakses pada 24 Mei 2023 dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/7638/6579

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Helena Putri Prima Santi Priambodo, Fransiska Cicilia Irwanto, & Erica Adriana. (2023). Pengaruh Self-Expressive Value of Brand terhadap Purchase Intention melalui Brand Love. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 229–242. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1800

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.