Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Su’udin Aziz Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1316

Keywords:

Efektifitas, E-learning, Hasil Belajar, PAI

Abstract

E-learning merupakan sebuah model pembelajaran baru yang di lakukan oleh pemerintah untuk menunjang kegiatan belajar siswa selama pandemi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.. Mengingat jumlah keseluruhan siswa lebih dari 100 orang maka peneliti mengambil sampel 25% dari jumlah keseluruhan populasi. Dalam penelitian ini sistematika pengumpulan data menggunakan sistem wawancara untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran basis e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru melalui pembelajaran basis e-learning masih dinilai kurang maksimal, hal ini dibuktikan dengan hasil angket sebesar 24,5% yang menunjukkan bahwa rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran melalui model basis e-learning, 2) perhitungan nilai rata-rata hasil belajar akidah akhlak siswa atau nilai rata-rata adalah sebesar 89,8. dikategorikan sangat baik, 3) hasil pembahasan yang sudah disampaikan menunjukkan bahwa  tidak terdapat pengaruh pembelajaran basis e-learning terhadap hasil belajar akidah akhlak, hasil yang diperoleh sebesar 0,221. Dimana nilai signifikan lebih kecil dari “r” table, baik pada taraf 5% maupun pada taraf 1%.

References

Asyiti Febliza, Zul Afdal, Media Pembelajaran dan Informasi Komunikasi, (Yogyakarta: Adefa Grafika, 2015).

Darwyan Syah, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Didit Media, 2009).

Gora, Winastwan, Membuat CD Multimedia Interaktif untuk Bahan Ajar E-learning,(Jakarta: Elex Media Komputindo,2005).

Lantip Diat Prasojo & Riyanto, Teknologi Informasi Pendidikan, (Yogyakarta: Gava Media,2011).

M.Dahlan R dan Muhtarom, Menjadi Guru yang Bening Hati, (Yogyakarta: Deepublish,2016).

Mufidatul Islamiyah, Lilis Widyanti, Efektivitas Pemanfaatan E-learning berbasis website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar, (Malang: Jitika,2016), Vol, 10 No 1. hal.41

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Pesikolaogi Proses Pendidikan, (Bandung, PT.Remaja Rosdakarya,2005).

Suharyanto, Adele B.L, Metode Penelitian Kulaitatif, Kuantitatif,R&D (Bandung : Alfabeta. 2016).

Suharyanto, Adele B.L. Mailangkay, “Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan”IKPIA Perbanas. Vol. 4 No.1, April 2012.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010) Edisi Refisi, Cet ke 5.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Su’udin Aziz, & Farida Isroani. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 49–58. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.1316

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.