Strategi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Muatan Heuristic Dalam Membentuk Kompetensi Siswa Di Mi Plus Walisongo Trenggalek

Integrated Thematic Learning Strategy Based on Heuristic Content in Shaping Student Competence at Mi Plus Walisongo Trenggalek

Authors

  • Setyaning Utami MI Plus Walisongo Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i1.314

Keywords:

Strategi Pembelajaran Tematik Terpadu, Muatan Heuristic , Kompetensi Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai strategi pembelajaran tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), sajian data (data display), serta verifikasi dan simpulan data (conclution drawing and verification). Hasil penelitiannya 1) Pendekatan pembelajaran   tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam membentuk kompetensi  siswa   di MI Plus Walisongo Trenggalek, dilakukan dengan:   a) dimulai dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok mendapat nomor.    b) Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya. c) kelompok berdiskusi jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui setiap jawaban. d) guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.  e)  Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain dan kesimpulan.  2) Metode pembelajaran  tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam   membentuk kompetensi siswa di     dilaksanakan dengan menggunakan   metode demonstrasi.   Selain itu dengan     penerapan  Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan sehingga dari kesatuan tersebut didapat pengertian bahwa pembelajaran yang harus menyenangkan bagi siswa. 3) Teknik pembelajaran  tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam   membentuk kompetensi siswa di  MI Plus Walisongo Trenggalek, yang dilakukan dengan   guru dengan penggunaan media power point.       Selain itu penerapan media audio visual video dalam meningkatkan kompetensi siswa dilakukan dengan jalan   Guru dalam mengajar pastinya mempersiapkan media yang akan digunakan yaitu media audio visual khususnya video.  4) Evaluasi pembelajaran  tematik terpadu berbasis muatan heuristic dalam   membentuk kompetensi siswa di  MI Plus Walisongo Trenggalek, pelaksanaan evaluasi pembelajaran siswa di sini dilaksanakan pada awal kegiatan, tengah kegiatan pembelajaran, akhir kegiatan pembelajaran. Evaluasi ini termasuk jenis evaluasi formatif  dan sumatif, yang pelaksanaannya membutuhkan waktu khusus untuk melaksanakan evaluasi sehingga evaluasi benar-benar telah disiapkan secara matang, begitu pula pelaksanannya. Karena untuk melihat hasil selama proses pembelajaran tidak mungkin evaluasi langsung dilaksanakan sepenuhnya. Untuk itu penilaian yang berbentuk sub sumatif (mid semester) dilaksanakan tidak lain bertujuan untuk melihat hasil dari kegiatan yang telah berlangsung selama beberapa kali pertemuan. 

References

Andi Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: DIVA Press, 2013

Anita Lie, Cooperative Learning Jakarta: Gramedia, 2010

Diah Handayani dkk, Jurnal Respirologi Indonesia (Penyakit Virus Corona 2019), J Respir Indo Vol.40 No. 2 April, 2020, hlm. 120, https://jurnalrespirologi.org/index.php/jri/article/download, Tanggal 02 September 2020, pukul 11.51 WIB.

Dzauujak Ahmad, Penunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud 1996

Eva Handriyantini, Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif dan Menyenangkan, Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI) Malang, 2020 .

Gempur Santosa, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2005

Ika. Supriyati, “Penerapan Metode Diskusi dalam PembelajaranKeterampilan Berbicara pada Siswa Kelas Viii MTSN4 Palu”. Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume (5), Nomor (1). 2020.

InaMagdalena, Nurfidia Azhari, Hesti Sulistia, Strategi Pembelajaran Daring Aktif, Kreatif, Menyenangkan Di SD Negeri 1 Pegagan Lor, Jurnal Edukasi dan Sains, Volume 2, Nomor 2, Agustus 2020

J. Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, Edisi Revisi 2011

Kemendikbud, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum , (Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013

Kemendikbud, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum , Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2013

Lilik Norviyanti, dkk. Evaluasi Pembelajaran, Surabaya: LAPAS-PGMI,2008

M. Ibrahim, dkk, Pembelajaran Kooperatif Surabaya : University Press, 2000

Martinis Yamin, Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi Jakarta:Gp Press,2007 .

Nurmala, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IX.5 SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013”, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 4. No.1 (2016): h. 66

Oemar Hamalik, Evaluasi Kurikulum , Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2012

Sardiman AM., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Suharsimi Arikunto, Prosedur suatu penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: 2007

Triyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Ombak, 2013

Wahyu Aji Fatma Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”, Edukatif, Vol 2 No. 1, April 2020, hlm. 2, https://edukatif.org/index.php

Wahyu Aji Fatma Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”, Edukatif, Vol 2 No. 1, April 2020, hlm. 4, https://edukatif.org/index.php/edukatif/article, Tanggal 2 September 2020, pukul 13. 25 WIB.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta:Prenada. 2010

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Setyaning Utami. (2021). Strategi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Muatan Heuristic Dalam Membentuk Kompetensi Siswa Di Mi Plus Walisongo Trenggalek: Integrated Thematic Learning Strategy Based on Heuristic Content in Shaping Student Competence at Mi Plus Walisongo Trenggalek. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(1), 01–11. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i1.314

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.