Efektifitas Pendidikan Dalam Pendekatan Problem Solving Dan Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Di Era Milenial

Authors

  • Anis Fatihatul Madaniah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Infadzah Al Shidqi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Torik Mabruri Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Sahlani Sahlani Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Meity Suryandari Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1133

Keywords:

Problem Solving; Soft Skill; Pendidikan; Milenial

Abstract

Berpikir adalah aktivitas kebiasaan manusia yang memungkinkan manusia mengatasi keterbatasan nya sehingga manusia dapat mengarahkan dirinya dan tindakannya ke arah yang lebih baik di masa depan. metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui studi pustaka, penelitian buku, majalah artikel ilmiah yang diperoleh dari media elektronik seperti internet dan google scholar. peran pendidikan karakter dalam membentuk kemampuan befikir kritis generasi muda di Indonesia sangat lah penting untuk dibahas. aspek perilaku yang mentargetkan perubahan adalah perubahan cara berpikir, berperilaku, dan bertindak lebih baik mengembangkan keterampilan inovatif generasi muda. hal ini tidak terlepas dari kesadaran setia negara akan potensi generasi mudanya. untuk meningkatkan kecerdikan dan harmoni teknologi dan industrialisasi dalam kehidupan sehari-hari. pengembangan soft skill generasi muda di setiap negara memiliki metode dan indikasi yang berbeda. “Soft skills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta dengan sang pencipta. dengan mempunyai soft skills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa di tengah masyarakat. keterampilan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, memiliki etika dan moral, santun dan keterampilan spiritual”. dunia kerja tidak hanya memprioritaskan pada kemampuan akademik (hard skills) yang tinggi saja, tetapi juga memperhatikan kecakapan dalam hal nilai-nilai yang melekat pada seseorang atau sering dikenal dengan aspek soft skills. oleh karena itu, generasi milenial saat ini harus meningkatkan keterampilan mereka dan menyadari pentingnya mengembangkan soft skill agar lebih kompetitif baik di tempat kerja, di dunia akademis maupun di dunia lingkungan masyarakat nya.

 

References

Asadullah, S. A., & Nurhalin. (2021). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk. Kaisa Vol. 1 No. 1, Maret 2021, 19-21.

hamdani, f., fauziah, a., azwar, e. e., liani, s. s., togatorob, m., ramadhani, r. w., & yunita. (10 Juli 2022). pentingnya pengembangan soft skill generasi milenial dalam menghadapi tantangan pasca pandemi covid 19.

Nugrahanta, G. A. (n.d.). Problem solving method untuk meningkatkan soft skill mahasiswa PGSD dalam perkuliahan landasan pendidikan sd. 20.

Patnani, M. (2013). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING. Jurnal Psikogenesis. Vol. 1, No. 2/ Juni 2013, 4-5.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Anis Fatihatul Madaniah, Infadzah Al Shidqi, Torik Mabruri, Sahlani Sahlani, & Meity Suryandari. (2023). Efektifitas Pendidikan Dalam Pendekatan Problem Solving Dan Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Di Era Milenial. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 353–361. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1133

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)