Jurnal Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Materi Organ Gerak Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N Pinang Ranti 01 Pagi
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i1.1079Keywords:
Minat BelajarAbstract
Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya minat belajar siswa kelas V SDN Pinang Ranti 01 Pagi, Jakarta Timur dalam mata pelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan metode dan media yang digunakan guru di kelas tersebut masih kurang menarik, sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat siswa kelas V SDN Pinang Ranti 01 Pagi dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
References
Amalia Sapriati, (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitafif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Slameto.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.
Rineka Cipta: Jakarta.
Susanto ahmad. (2018). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenada
Media Group: Jakarta.
Poerwadarminta Wjs. (1971). Umum Bahasa Indonesia.
PN:Jakarta.
B. Uno Hamzah.Teori Motivasi Dan Pengukurannya.
Bumi Aksara: Jakarta.