PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT MIS GUPPI AL KHAERAT SIMBANG

Authors

  • Haedar Haedar MIS GUPPI Al Khaerat Simbang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i1.1172

Keywords:

Supervisi Akademik, Keterampilan Guru, Media Presentasi Pembelajaran, Microsoft Powerpoint

Abstract

Fakta di lapangan ditemukan bahwa keterampilan guru di MIS GUPPI Al Khaerat Simbang Kec. Tombolopao Kab. Gowa dalam mengoperasikan dan membuat presentasi pembelajaran dengan menggunakan Microsoft PowerPoint masih rendah. Hal tersebut yang menjadikan peneliti melakukan sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media presentasi pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint di MIS GUPPI Al Khaerat Simbang Kec. Tombolopao Kab. Gowatahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam 3 siklus. Peningkatan daya serap kelompok terhadap keterampilan guru pada Siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 63,37%; 73,80%; dan 86,57%. Peningkatan ketuntasan kelompok terhadap keterampilan guru pada Siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 25,00%; 50,00%; dan 100,00%. Sedangkan peningkatan daya serap individu terhadap keterampilan guru pada Siklus I, II, dan III masing-masing sebanyak 2, 4, dan 8 guru yang telah tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui penerapan supervisi akademik kepala madrasah dapat meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media presentasi pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint. Selain itu juga, kegiatan supervisi akademik ini efektif dalam meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media presentasi pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daresh. 1989. Supervision as Aproactive Process. New Jersey: Logman.

Dodd, W.A. 1972. Primary School Inspection in New Countries. London: Oxford University Press.

Glickman, C.D., et all. 2007. Supervision of Instruction: A developmental approach. Needham Heights, MA: Allyn and Bacon.

Glickman, C.D.. 1981. Developmental Supervision: Alternative Practices for Help-ing Teachers Improve Intruction. Asspciantion for Supervision and Curriculum Development. Alexandria, Virginia.

Hasyim. 2009. Buku Pintar Microsoft Office. Jakarta: Kriya Pustaka.

Kustandi, C., & B. Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Pascal, Steven Andy. 2007. Tip & Trik Microsoft Office 2007. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Purwanto, M. Ngalimin. 1997. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.

Rahardjo, R. 1986. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Sadiman, Arif S. 1993. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wiardi, Ni Md., dkk.. 2014. Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa SD Negeri 3 Tamblang Kelas V. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 2 (1).

Downloads

Published

2021-03-26

How to Cite

Haedar Haedar. (2021). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MICROSOFT POWERPOINT MIS GUPPI AL KHAERAT SIMBANG. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(1), 23–37. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i1.1172

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.