TINDAK TUTUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nabila Aulia Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dita Zahrotul Nadhifah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.297

Keywords:

Tindak tutur, maksud penutur, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur yang yang di gunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah Studi Kepustakaan (Library Research). merupakan suatu studi yang digunakan dalam mengeumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, jurnal dan sebagainya. Adapun langkah-langkah dalam penelitian kepustakaan adalah pemilihan topik, eksplorasi informasi, menentukan fokus penelitian, pengumpulan sumber data, persiapan penyajian data dan  penyusunan laporan. Hasil  penelitian  ini  diharapkan  dapat  bermanfaat  secara teoritis dan praktis. Manfaat secara    teoritis, dapat memberikan sumbangan pragmatik  mengenai  jenis-jenis tindak tutur yang   digunakan   oleh   siswa   dalam   kegiatan  belajar  berdasarkan    maksud    penuturnya.  Manfaat secara praktis, dapat dimanfaatkan dan memberikan  sumbangan  bagi   siswa   agar dapat menguasai tindak tutur yang baik agar dapat mengekspresikan kemampuan   berbahasanya dengan tepat dan sesuai situasi maupun kondisi.

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Nabila Aulia, Dita Zahrotul Nadhifah, & Dede Indra Setiabudi. (2021). TINDAK TUTUR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 21–25. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.297

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.