Implementasi Metode Syawir Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Materi Dzikir Dan Do’a Kelas VII Pondok Pesantren Modern Babussalam

Authors

  • Udriansyah Udriansyah STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Zaifatur Ridha STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1080

Keywords:

Metode Syawir, Pemahaman Fiqih

Abstract

Permasalahan dalam penlitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa sehingga perlunya peningkatan pemahaman hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini: Pertama untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran syawir dikelas VII MTs Pondok Pesantren Modern Babussalam. Kedua untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Modern Babussalam sebelum menerapkan metode syawir. Ketiga untuk mengetahui metode syawir dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Modern Babussalam. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Metode pengumpulan data dengan cara  tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa metode syawir dalam meningkatkan hasil belajar siswa tergolong baik dengan hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata siswa pada siklus I sebesar 56% dan siklus II 100%  sedangkan nilai PKK siswa setelah menerapkan metode syawir sebesar 78% meningkat menjadi 88.4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode syawir dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran FIQIH tergolong baik. Sebagai akhir penelitian, penulis menyimpulkan bahwa metode syawir sangat baik digunakan dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa karena metode syawir melibatkan seluruh siswa sehingga siswa menjadi aktif.

 

 

References

Annisa Siswanti, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Jam ’ iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 132–142.

Afiyatul Fatimah, d. (2020). Buku Baru Revolusi Literasi. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.

Arief, A. (2019). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Usman, M. B. (2018). Metodologi Pembelajaran Agama Islam . Jakarta: Ciputat Pers.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.

Fahmi, M., & Wiguna, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MAS Ar-Rahman Bubun. TUT WURI HANDAYANI : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 130–137.

Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Satria Wiguna, A. F. (2022). Implimentasi Aplikasi Absensi Multiapp V.1.0 Secara Online Dalam Motivasi Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wampu. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(Agustus), 23–33.

Wiguna, S. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187

Downloads

Published

2023-02-07

How to Cite

Udriansyah, U., & Zaifatur Ridha. (2023). Implementasi Metode Syawir Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Materi Dzikir Dan Do’a Kelas VII Pondok Pesantren Modern Babussalam. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 123–131. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1080

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.